1,8 Juta Orang Diperkirakan Penuhi Mekkah

Written By Unknown on Monday, September 17, 2012 | 1:59 PM

Jakarta (ANTARA) - Jumlah jemaah haji pada musim haji 1433 H/2012 M diperkirakan mencapai 1,8 juta orang dan untuk menyukseskan ritual haji itu pemerintah Arab Saudi terus melakukan pembenahan, seperti perluasan area tawaf, proyek pemotongan hewan dan perluasan kompleks Masjidil Haram.

Mekipun saat ini sedang berlangsung perluasan area tawaf, jumlah jamaah haji diperkirakan tidak berkurang. Diperkirakan jumlah jamaah haji tahun ini sebanyak 1.8 juta orang , kata Menteri Haji Arab Saudi Bandar Hajar baru-baru ini sebagaimana dikutif Arab News (16/9).

Menteri Haji pun menambahkan bahwa tahun ini merupakan musim umroh paling sukses. Tercatat sekitar 5.5 orang berumroh datang ke Arab Saudi. Dibandingkan tahun 2005 dimana ada sekitar 2.5 juta peserta umroh dan hampir setengahnya menetap di Arab Saudi melebihi masa berlaku visa umroh.

Pada tahun ini, pihaknya telah mengeluarkan sebanyak 5.8 visa umroh, 5,5 juta datang ke Arab Saudi dan hanya 10.000 jamaah yang melebihi masa berlaku visa umroh dengan menetap di Saudi.

Sementara itu Pemerintah Arab Saudi telah membelanjakan dana lebih dari 1 miliar Real atau sekitar 266,67 juta dolar AS untuk pembangunan proyek pemotongan hewan kurban dengan alat pemotong berteknologi mutakhir.

Proyek ini bertujuan untuk membantu pendistribusian daging kurban dan dam kepada para penduduk miskin di Makkah dan sekitarnya dan masyarakat muslim di seluruh dunia.

Bantu jemaah

Proyek ini, seperti diungkap Abdullah M Umar dari KJRI Jeddah, dimaksudkan untuk membantu para jamaah haji melakukan pemotongan hewan dengan mudah. Dengan demikian, diharapkan pelaksanaan haji mereka dapat berjalan dengan nyaman dan lancar.

Guna menjamin kesehatan proses pemotongan, sebanyak 700 dokter hewan dikerahkan guna melakukan pemeriksaan ternak tersebut dengan diawasi oleh sekitar 400 ulama.

Pembelian daging kurban dan dam ini dilakukan melalui kupon yang tersedia `counter` Bank Al-Rajhi, Al-Amoudi dan loket Kantor Pos Arab Saudi diseluruh Arab Saudi. Kupon juga dapat dibeli secara online melalul website www.adahi.org dengan harga sebesar 450 Real atau 120 dolar AS atau 96 Euro per kambing.

Pada tahun Ialu proyek ini telah memotong sebanyak 1.000.432 ternak yang kemudian didistribusikan kepada orang-orang yang membutuhkan di Arab Saudi dan kepada para orang miskin di 27 negara muslim.

Pengamatan di lapangan, selama musim haji berlangsung, pemerintah kota Mekkah selalu mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk membersihkan kotoran maupun daging korban atau dam yang telah membusuk karena ditelantarkan begitu saja setelah dipotong.

Di lapangan pihak berwenang pun sering menangkap `basah` penjualan daging hasil korban/dam ke berbagai restoran di sekitar Mekkah bahkan hingga diselendupkan ke luar Mekkah secara ilegal.(rr)

17 Sep, 2012


-
Source: http://id.berita.yahoo.com/1-8-juta-orang-diperkirakan-penuhi-mekkah-063806796.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Anda sedang membaca artikel tentang

1,8 Juta Orang Diperkirakan Penuhi Mekkah

Dengan url

http://mobile-sulition.blogspot.com/2012/09/18-juta-orang-diperkirakan-penuhi-mekkah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

1,8 Juta Orang Diperkirakan Penuhi Mekkah

namun jangan lupa untuk meletakkan link

1,8 Juta Orang Diperkirakan Penuhi Mekkah

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger