Legislator PKS: Prita, Sosok Teladan Bangsa Ini

Written By Unknown on Tuesday, September 18, 2012 | 5:21 PM

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Anggota Komisi IX  DPR Herlini Amran mengapresiasi putusan Mahkamah Agung (MA) yang mengabulkan permohonan Peninjauan Kembali (PK) Prita Mulyasari yang dipidana karena menulis keluhan terhadap layanan di Rumah Sakit Omni Internasional tiga tahun lalu.

"Secara pribadi saya sangat gembira dan mengapresiasi kemenangan Bu Prita menuntut keadilan ke MA sekaligus merobohkan tembok arogansi pengelola rumah sakit bermodal besar. Bagi saya, Bu Prita adalah sosok teladan bangsa ini, utamanya bagi masyarakat kecil yang kerap dianaktirikan ketika mengkses pelayanan kesehatan," Kata Anggota Komisi Kesehatan DPR Herlini Amran di Kompleks DPR, Jakarta, Selasa (18/9/2012).

Legislator PKS ini menuturkan, penting untuk mengambil hikmah atas perjuangan Prita selama ini. Ditegaskan ini adalah Hak Perlindungan Pasien yang diamanahkan UU Kesehatan di negara kita.

Menurutnya, Undang-undang nomor 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit pun menyatakan, pertama, bahwa pelayanan kesehatan merupakan hak setiap orang yang dijamin dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang harus diwujudkan dengan upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Selain itu, bahwa Rumah Sakit adalah institusi pelayanan kesehatan bagi masyarakat dengan karateristik tersendiri yang dipengaruhi oleh perkembangan ilmu pengetahuan kesehatan, kemajuan teknologi,dan kehidupan sosial ekonomi masyarakat yang harus tetap mampu meningkatkan pelayanan yang lebih bermutu dan terjangkau oleh masyarakat agar terwujud derajat kesehatan yang setinggi-tingginya.

Sebaliknya, tandas Herlini mengatakan, jika tenaga kesehatan tidak profesional dan pengelola fasilitas kesehatan abai terhadap hak-hak pasien, maka sengketa yang serupa dengan Kasus Prita akan terus terjadi dimana-mana.

Herlini juga menghimbau kepada jajaran Kemenkes terkait dan para pengelola fasilitas kesehatan swasta untuk meningkatkan aspek humanisme tenaga kesehatan manakala melayani pasien.

Lebih lanjut, Anggota DPR asal Wilayah pemilihan Kepulauan Riau ini memandang kemenangan Prita ini adalah pintu pemenuhan hak-hak dan perlindungan pasien di Indonesia.

Klik:

  • Kelompok Thorik Simpan Bahan Peledak di Tambu...
  • Kasus Simulator SIM Sudah Masuk Kejagung
  • Kasum TNI Buka Latihan Pertahanan Udara Nasio...

18 Sep, 2012


-
Source: http://id.berita.yahoo.com/legislator-pks-prita-sosok-teladan-bangsa-ini-095910740.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Anda sedang membaca artikel tentang

Legislator PKS: Prita, Sosok Teladan Bangsa Ini

Dengan url

http://mobile-sulition.blogspot.com/2012/09/legislator-pks-prita-sosok-teladan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Legislator PKS: Prita, Sosok Teladan Bangsa Ini

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Legislator PKS: Prita, Sosok Teladan Bangsa Ini

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger