PRSI: Target Tujuh Emas Masih Realistis

Written By Unknown on Monday, November 12, 2012 | 2:28 PM


JAKARTA, KOMPAS.com — Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) menilai target tujuh medali emas SEA Games 2012 Myanmar adalah target realistis jika menilik peta kekuatan renang Asia Tenggara yang kompetitif.


"PRSI menurunkan bidikan sepuluh emas menjadi tujuh karena terdapat strategi pengurangan nomor renang oleh tuan rumah," kata Pelatih Kepala Pelatnas PB PRSI Hartadi Nurjojo, Senin (12/11/2012).


Menurutnya, tuan rumah SEA Games Myanmar mengurangi nomor renang yang sebelumnya berjumlah 38 nomor menjadi 32. Salah satu contoh nomor yang tidak diperlombakan adalah fin swimming.


"Selain pertimbangan itu, target medali emas pada SEA Games 2013 Myanmar sebanyak tujuh emas itu berdasar prestasi perenang di berbagai kejuaraan dan SEA Games tahun 2011," kata Hartadi.


PRSI mengharapkan emas didapat dari nomor-nomor renang putra yang memiliki peluang baik. Beberapa di antaranya 50 meter gaya bebas putra, 100 meter dan 200 meter gaya punggung putra, 100 meter gaya kupu-kupu putra, 4 x 100 meter gaya ganti estafet putra.


Sisanya dua nomor putri seperti 800 meter gaya bebas putri dan 200 meter gaya punggung putri.


Saat ditanya mengenai kelemahan perenang nasional, Hartadi mengakui bahwa para perenang Indonesia masih memiliki banyak kekurangan.


"Dengan banyaknya kekurangan, kami menjadi termotivasi untuk meningkatkan dan membenahi kekurangan-kekurangan itu," katanya.


"Jika menggunakan parameter persentase, maka perenang kita masih dalam range 85 persen dari optimalisasi potensi yang ada," lanjut dia.


PRSI mempersiapkan diri menghadapi persaingan mutlicabang olahraga se-Asia Tenggara dengan sejumlah persiapan.


"Kami melakukan desentralisasi pelatnas di Bandung dan Jakarta. Beberapa perenang sudah dikirim ke luar negeri untuk pembinaan. Pengiriman Indra Gunawan ke Hongaria diharapkan mampu meningkatkan kualitas individunya," kata Hartadi.


Selain itu, PRSI mempersiapkan perenang yang berlaga di Myanmar 2013 dengan mengikutsertakan mereka dalam berbagai kejuaraan renang.


Sebagai contoh, perenang yang ikut dalam ASEAN University Games 2012 Laos dan Kejuaraan Renang Istanbul.


"Kami terus berusaha meningkatkan kemampuan teknis dan daya tahan mereka," katanya.













Anda sedang membaca artikel tentang

PRSI: Target Tujuh Emas Masih Realistis

Dengan url

http://mobile-sulition.blogspot.com/2012/11/prsi-target-tujuh-emas-masih-realistis.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

PRSI: Target Tujuh Emas Masih Realistis

namun jangan lupa untuk meletakkan link

PRSI: Target Tujuh Emas Masih Realistis

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger