JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Danang Parikesit mengatakan ada dua isu dalam upaya integrasi transportasi di DKI Jakarta antarmoda trasportasi. Upaya integrasi transportasi tersebut menurutnya bisa memudahkan akses penggunaan transportasi dari satu jasa transportasi dengan transportasi lainnya, sehingga membantu mengurangi kemacetan seperti yang sering terjadi saat ini.
"Ada dua isu besar, yakni integrasi antar angkutan umum dengan angkutan umum, dan angkutan umum dengan kendaraan pribadi," kata Danang saat dihubungi Kompas.com, Selasa (26/2/2013).
Menurutnya, upaya integrasi antara angkutan umum dengan angkutan umum bisa dilakukan seperti pembuatan halte bus yang berdekatan dengan stasiun kereta api. Dengan begitu, lanjut Danang, akses antara dua moda transportasi itu menjadi terhubung dengan baik.
"Misalnya mendekatkan halte busway dengan kereta," ujar Danang.
Ia mengatakan, saat ini antar dua moda transportasi tersebut dinilai masih belum terhubung dengan baik sehingga tidak mendukung upaya penyatuan antar keduanya.
"Ini yang menurut saya menjadi catatan penting," kata Danang.
Pemerintah Daerah dalam hal ini Pemprov DKI, menurut Danang dapat pula membuat suatu program seperti integrasi tiket, sehingga dengan satu tiket yang ada masyarakat bisa menggunakannya untuk berbagai sarana transportasi. Dengan satu tiket yang sama dan terintegrasi tersebut, masyarakat dapat menggunakannya pada sarana transportasi lainnya juga.
"Dan juga mengenai schedule yang harus diperhatikan," ucap Danang.
Danang juga menanggapi mengenai masalah trayek angkutan umum di DKI Jakarta. Menurutnya, banyak trayek-trayek yang sudah berlaku lama tetapi tidak mengalami perubahan oleh Dinas Perhubungan DKI. Oleh karena itu, perlu pembenahan dan perbaikan kembali mengenai masalah trayek yang ada saat ini.
"Masalah trayek sudah kita sampaikan tahun lalu. Ada trayek angkutan umum sudah dua puluh tahunan belum ada perubahan, yang dulunya masuk di pemukiman-pemukiman. Padahal kondisi saat ini sudah berubah," kata Danang.
Sementara mengenai integrasi antara sarana transportasi dengan kendaraan pribadi, kata Danang, salah satunya seperti yang ada saat ini yakni tersedianya suatu lokasi parkir kendaraan di tempat-tempat seperti stasiun kereta api. Dengan begitu, seseorang bisa mengurangi jarak tempuh pemakaian kendaraannya dalam satu hari dengan beralih menggunakan transportasi publik.
"Kalau sepeda motor 40 kilometer perhari, bisa di tekan jadi 20 kilometer saja perhari," kata Danang.
Selain hal tersebut, perbaikan layanan dan juga tarif tiket yang terjangkau diharapkan bisa membuat masyarakat beralih pada sarana transportasi yang memadai.
"Masyarakat rasional, pasti dengan perbaikan layanan, dan tarif tiket yang ada, dalam 10 tahun yang akan datang sekitar 40 persen sudah menggunakan transportasi yang baik," jelasnya.
Editor :
Ana Shofiana Syatiri
Anda sedang membaca artikel tentang
Dua Isu Upaya Integritas Transportasi Jakarta
Dengan url
http://mobile-sulition.blogspot.com/2013/02/dua-isu-upaya-integritas-transportasi.html
Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya
Dua Isu Upaya Integritas Transportasi Jakarta
namun jangan lupa untuk meletakkan link
Dua Isu Upaya Integritas Transportasi Jakarta
sebagai sumbernya
0 komentar:
Post a Comment