Presiden Hadiri Pemberian Honoris Causa Taufiq Kiemas

Written By Unknown on Sunday, March 10, 2013 | 2:43 PM


JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menghadiri acara penganugerahan doktoral kehormatan (honoris causa) Universitas Trisakti kepada Ketua Majelis Pemusyawaratan Rakyat Taufiq Kiemas. Pemberian gelar doktoral kehormatan ini berlangsung di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (10/3/2013).


Yudhoyono tampak didampingi Wakil Presiden Boediono, dan jajaran menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, di antaranya Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik, dan Menteri Kooperasi dan Usaha Kecil Menengah Syarief Hasan. Hadir pula dalam acara ini, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri yang juga istri Taufiq, dan Wakil Presiden 2004-2009 M Jusuf Kalla.


Acara pengukuhan gelar doktoral kehormatan bagi Taufiq ini pun dihadiri sejumlah tokoh nasional, seperti Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin, dan juga akademisi Direktur Eksekutif Soegeng Sarjadi Syndicate Sukardi Rinakit, serta pengamat hukum dari Universitas Andalas Prof Saldi Isra.


Hadir pula sejumlah anggota DPR, baik dari fraksi PDI-Perjuangan, maupun fraksi lainnya. Tak ketinggalan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) turut hadir dalam pemberian gelar doktoral kehormatan bagi Taufiq Kiemas ini. Adapun Yudhoyono tidak menyampaikan sambutannya dalam acara penganugerahan tersebut. Dia hanya tampak memberikan ucapan selamat kepada Taufiq kemudian meninggalkan Kompleks Parlemen.


Gelar kehormatan ini diberikan Universitas Trisakti karena Taufiq dinilai telah melahirkan gagasan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan Indonesia, sehingga nilai tersebut dapat dipahami pejabat negara dalam berbangsa dan bernegara. Empat Pilar Kebangsaan Indonesia ini terdiri dari Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


Rektor Universitas Trisakti Thoby Muthis mengungkapkan, Empat Pilar Kebangsaan Indonesia merupakan norma yang harus diimplementasikan secara berkelanjutan, bahkan di dalam kampus.


"Empat Pilar Kebangsaan adalah suatu perangkat nilai dan suatu norma yang perlu diimplementasikan secara berkelanjutan. Kami segenap sivitas akademika Universitas Trisakti berkomitmen untuk terus menggelorakan empat pilar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," ujar Thoby Mutis dalam keterangan persnya.


Menurutnya, fakta keanekaragaman hayati, agama, budaya, bahasa, dan etnis yang merupakan modal kekuatan bangsa terancam hilang. Keteledoran dalam merawatnya bisa melemahkan pilar-pilar bangunan bangsa dan negara yang masih dalam proses pembentukan. Ia pun berharap banyak pihak yang akan meneladani Taufiq untuk mengedepankan Empat Pilar tersebut.












Anda sedang membaca artikel tentang

Presiden Hadiri Pemberian Honoris Causa Taufiq Kiemas

Dengan url

http://mobile-sulition.blogspot.com/2013/03/presiden-hadiri-pemberian-honoris-causa.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Presiden Hadiri Pemberian Honoris Causa Taufiq Kiemas

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Presiden Hadiri Pemberian Honoris Causa Taufiq Kiemas

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger