Pernyataan Menhan Soal LP Cebongan Terlalu Dini

Written By Unknown on Friday, April 12, 2013 | 2:43 PM


JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Pramono Anung menilai pernyataan Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro bahwa penyerangan terhadap LP Cebongan tak melanggar HAM terlalu dini. Pasalnya, Kementerian Pertahanan tidak berwewenang menyimpulkan adanya pelanggaran HAM atau tidak.


"Keputusan pelanggaran HAM atau tidak bukanlah kewenangan Kemenhan tapi Komnas HAM. Karena itu, kita harus tunggu sampai Komnas HAM secara resmi menyampaikan hasil temuannya," ujar Pramono di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (12/4/2013).


Pramono mengakui, sikap TNI Angkatan Darat yang membuka hasil investigasi memang patut untuk diapresiasi. Namun, upaya pelanggaran hukum yang dilakukan para anggota Kopassus itu tetap harus tetap diusut. "Namun apakah pelanggaran HAM atau tidak dan itu lagi-lagi yang berkompeten adalah Komnas HAM," ucap Pramono.


Kementerian Pertahanan menganggap tidak ada pelanggaran HAM dalam peristiwa pembunuhan empat tahanan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Cebongan, Sleman, DI Yogyakarta. Untuk itu, Kemenhan menganggap tidak perlu ada pengadilan HAM.


"Ini bukan pelanggaran HAM karena ada saran dikenakan Undang-Undang HAM. Kami ambil sikap tidak sependapat," kata Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro saat jumpa pers di Gedung Kemenhan, Jakarta, Kamis (11/4/2013).


Purnomo menganggap penyerangan lapas hingga pembunuhan empat tahanan merupakan spontanitas dan tidak direncanakan. Selain itu, kata dia, jajaran pimpinan TNI tidak mengetahui peristiwa tersebut, apalagi menjadi kebijakan.


"Pengadilan HAM hanya bisa terjadi kalau terjadi penghilangan nyawa, satu ras, etnik, secara menyeluruh, atau dilakukan secara sistematik berdasarkan kebijakan pimpinan," kata Purnomo.












Anda sedang membaca artikel tentang

Pernyataan Menhan Soal LP Cebongan Terlalu Dini

Dengan url

http://mobile-sulition.blogspot.com/2013/04/pernyataan-menhan-soal-lp-cebongan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pernyataan Menhan Soal LP Cebongan Terlalu Dini

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pernyataan Menhan Soal LP Cebongan Terlalu Dini

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger