Timur: Calon Kapolri? Kita Tunggu Ya

Written By Unknown on Friday, September 27, 2013 | 2:44 PM






JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komjen Pol Sutarman dikabarkan menjadi calon tunggal Kapolri yang diusulkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Penunjukan tersebut akan disampaikan Sekretariat Negara ke DPR, Jumat (27/9/2013).

Saat dikonfirmasi soal calon penggantinya, Kepala Polri Jenderal Pol Timur Pradopo enggan memberikan komentar.

"Kita tunggu ya," jawab Timur singkat, saat ditemui di Ruang Rupatama Mabes Polri, Jumat siang.

Sebelumnya, informasi penunjukan Sutarman sebagai pengganti Timur dibenarkan anggota Komisi III dari Fraksi Partai Golkar Bambang Soesatyo.

"Ya, benar. Informasi yang saya terima begitu," ujar Bambang, melalui pesan singkat.

Bambang mengatakan, saat ini Komisi III DPR belum mendapatkan informasi resmi karena surat dari Istana masih berada di Pimpinan DPR.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPR Gede Pasek Suardika mengaku belun mendengar informasi apa pun. "Mungkin karena masih di Pimpinan DPR," ucap Pasek.

Sudah ada nama

Dari Istana, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah menetapkan calon Kepala Polri untuk menggantikan Jenderal (Pol) Timur Pradopo. Sekretariat Negara akan menyampaikan nama calon Kapolri kepada Dewan Perwakilan Rakyat, Jumat (27/9/2013).

"Nanti Pak Menteri Sekretaris Negara (Sudi Silalahi) akan menyampaikan ke DPR pengganti Timur," kata Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat.

Julian enggan menyebut berapa nama yang diajukan ke DPR. Julian juga tak mau menyebut identitas. Hanya, ia memastikan nama yang diajukan sudah sesuai aturan dalam Undang-Undang Kepolisian. Julian menambahkan, penetapan calon yang diajukan sudah mempertimbangkan usulan dari Komisi Kepolisian Nasional dan Timur.

"Nanti calon Kapolri yang baru masih memiliki masa pensiun di usia 58 tahun ke depan," kata dia.

Kapolri Jenderal Timur Pradopo akan diganti sebelum memasuki pensiun pada Januari 2014. Presiden pernah menyatakan pergantian Kapolri perlu dipercepat agar pejabat baru bisa persiapkan pengamanan Pemilu 2014. Setelah diserahkan ke DPR, nama usulan Kapolri dari Presiden akan diteruskan ke Komisi III. Nantinya, Komisi III akan melakukan uji kepatutan dan kelayakan.




Editor : Inggried Dwi Wedhaswary


















Anda sedang membaca artikel tentang

Timur: Calon Kapolri? Kita Tunggu Ya

Dengan url

http://mobile-sulition.blogspot.com/2013/09/timur-calon-kapolri-kita-tunggu-ya.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Timur: Calon Kapolri? Kita Tunggu Ya

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Timur: Calon Kapolri? Kita Tunggu Ya

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger