9/14 METRO TV NEWS AKTUAL

Written By Unknown on Friday, September 14, 2012 | 5:09 PM

     
    METRO TV NEWS AKTUAL    
   
RI-Korsel Jajaki Produksi Mobil Hybrid
September 14, 2012 at 4:47 PM
 

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah meminta perusahaan asal Korea Selatan yang bergerak di sektor otomotif meningkatkan investasi dengan membangun pabrik.

"Pada forum Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) di Rusia, presiden dari Korea Selatan sudah bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan menyepakati kerja sama untuk memproduksi mobil ramah lingkungan dan hybrid. Dalam waktu dekat, pemerintah akan melakukan pembicaraan dengan pihak swasta dan Badan Usaha Milik Negara," kata Menteri Perindustrian M.S. Hidayat usai bertemu dengan duta besar Korea Selatan di Jakarta, Jumat (14/9).

Kerja sama antara Indonesia dan Korsel dalam memproduksi mobil ramah lingkungan dan hybrid akan dibicarakan pada APEC di Bali. "Kelanjutan kerja sama produsen Korea Selatan dengan pihak Indonesia untuk membuat mobil ramah lingkungan dan hybrid dibahas di APEC 2013. Selama ini, pangsa pasar mobil asal Korea Selatan hanya 2 persen," paparnya.

Prinsipal asal Korea Selatan di Indonesia, lanjut Hidayat, diharapkan ikut berpartisipasi dalam program tersebut. "Kami mengimbau PT Hyundai Mobil Indonesia meningkatkan investasinya di Indonesia. Hal tersebut merupakan salah satu cara meningkatkan penjualan produknya," tuturnya.

Hidayat menegaskan kesepakatan pemerintah Indonesia dan Korsel memproduksi mobil ramah lingkungan dan hybrid, harus didukung oleh prinsipal otomotif. "Sudah sewajarnya Hyundai berminat pada program pemerintahnya dan kami yakin Hyundai mau menanamkan modalnya di Indonesia," tandasnya.(Ant/BEY)

   
   
Polisi Buru Dua Orang Peracik Bom di Depok
September 14, 2012 at 4:47 PM
 

Metrotvnews.com, Jakarta: Dua inisial baru muncul sebagai terduga teroris peledakan bom di Beji, Depok, Jawa Barat, 8 September silam. Keduanya masih dalam pengejaran Detasemen Khusus 88 Antiteror Mabes Polri.

"Dari hasil pemeriksaan, fokus kepada dua orang lagi, A dan S. Masih dikerja dan diselidiki," kata Juru Bicara Polri Brigadir Jenderal Polisi Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (14/9).

Menurut Boy, keduanya dicari berdasarkan keterangan M. Thorik, tersangka peracik bom Tambora, Jakarta Barat, yang juga ada di lokasi ledakan Beji. A dan S diduga ikut merakit bom. Salah seorang di antara mereka bahkan berada di lokasi saat bom meledak.

"Mereka diduga ikut bongkar pasang senjata, ada kegiatan merakit. Tapi belum tertangkap. Ada di Beji, satu yang nggak," kata Boy.(IKA)

   
   
Musim Panas Datang, Sawah di Manado Tak Bisa Ditanami
September 14, 2012 at 4:47 PM
 

Metrotvnews.com, Manado: Musim panas menyebabkan sawah di Kota Manado, Sulawesi Utara, tidak bisa ditanami. "Di Manado hanya ada sawah tadah hujan, dan musim panas sekarang, menyebabkan lahan tersebut tak bisa ditanami," kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Manado, Ricky Poli di Manado, Jumat (14/9).

Poli mengatakan, biasanya dalam setahun sawah tadah hujan di Manado dua kali panen. Namun, lantaran musim panas ini penanaman kedua belum dilakukan. "Karena itu, kami sangat berharap kiranya musim hujan segera tiba, agar penanaman bisa segera dimulai," ujarnya.

Menurut Poli, kelemahan di Manado, karena bukan sawah irigasi, maka penanamannya tergantung dengan musim hujan. Kalau hujan turun petani menanam, kalau tidak terpaksa menunggu. Lokasi sawah tadah hujan ada di Mapanget dan Tikala.

Ia mengatakan dari potensi sawah tadah hujan seluas 500 hektare di Manado, yang ditanami sekitar 200 hektare. Hasil panen maksimal dua ton per hektare sekali panen atau 400 ton dari 200 hektare.

Poli menyebutkan, jumlah tersebut sebenarnya belum bisa menutupi kebutuhan warga Manado. Kebutuhan warga Manado sekitar 48 ton per hari. Jadi hasil panen tersebut hanya cukup sekitar sembilan hari makan.(Ant/BEY)

   
   
Kunjungi Klender, Ahok Sempat Disemprit Warga
September 14, 2012 at 4:47 PM
 

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemilihan gubernur DKI Jakarta putaran kedua memasuki masa kampanye. Hari ini, Jumat (14/9), merupakan kampanye hari pertama. Kampanye akan berlangsung hingga Ahad (16/9) nanti.

Calon wakil gubernur Basuki Tjahaja Purnama memanfaatkan masa ini dengan mengunjungi kawasan padat penduduk di Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Ahok, panggilan Basuki, menyusuri setiap gang di kawasan itu. Pasangan calon gubernur Joko Widodo itu juga tidak keberatan diajak foto bersama oleh warga.

Di sela-sela kunjungan itu sempat terjadi insiden kecil saat Ahok memasuki RW 10 Kelurahan Klender. Saat itu seorang warga melarang rombongan Ahok berkampanye di wilayah tersebut. Alasannya, Ahok belum mendapat izin dari warga.

Ahok hanya tersenyum. Ia meminta warga melaporkan hal tersebut ke polisi. Ahok tetap menjalankan misinya mendatangi warga. Bersama para pendukungnya ia membagi-bagikan kartu nama dan nomor telepon seluler.

Ahok mengatakan, warga bisa menghubungi nomor telepon itu untuk menyampaikan keluhannya jika pasangan ini terpilih pada 20 September nanti. Tiga hari kampanye akan dimanfaatkan Ahok mengunjungi kawasan padat penduduk di Jakarta. (Steva Ganda Yanto/DOR)

   
   
Keluarga tak Percaya Jony Merampok Bank di Malaysia
September 14, 2012 at 4:47 PM
 

Metrotvnews.com, Batam: Keluarga Jony yang tinggal di daerah Ruli Bukit Villa, Batu Ampar, Batam, Kepulauan Riau, terpukul. Mereka tidak percaya atas tindakan Polisi Diraja Malaysia yang menembak Jony hingga tewas. Jony adalah satu dari empat orang yang ditembak polisi Malaysia. Diduga, semua korban tersebut adalah warga negara Indonesia.

Saat ditemui Metro TV, Jumat (14/9), istri Jony, Devi Tristianti, tidak percaya suaminya terlibat perampokan bank di Ipoh, Penang, Malaysia. Ibu dua orang anak ini terpukul atas penembakan itu. Saat ini Devi dan anaknya tinggal di rumah liar berukuran 4 x 6 meter dengan bangunan semi-permanen yang terbuat dari kayu.

Sepengetahuan Devi, suaminya bekerja di kebun sawit sejak tahun 2006 sampai ditembak oleh polisi Malaysia. Jony berangkat ke Malaysia dengan duit pinjaman. Devi bingung dengan kematian sang suami. Anak-anaknya masih kecil. Yang besar berusia tiga tahun, yang kecil masih 1,6 tahun.

Salah satu adik korban, Ary, juga keberatan dengan tindakan Polisi Diraja Malaysia. Ary dan Devi juga tidak terima dengan autopsi sepihak oleh pihak Malaysia. Ary bahkan menduga organ tubuh abangnya diperdagangkan. Ini dapat dilihat dari jahitan di bagian perut dan leher.

Untuk menjawab keraguan itu, pihak keluarga akan melakukan autopsi ulang apabila jenazah Jony tiba di Indonesia. Itu dilakukan untuk mengecek kelengkapan organ tubuh korban. (Agus Fathur Rohman/DOR)

   
   
Hutan Jambi Diperkirakan Tinggal 1,1 Juta Ha
September 14, 2012 at 4:47 PM
 

Metrotvnews.com, Jambi: Luas hutan di Provinsi Jambi tinggal 1,3 juta hektare. Padahal, pada 1990, luas hutan masih mencapai 2,4 juta hektare.

"Ada penyusutan luas hutan sebanyak 1,1 juta hektare dalam kurun waktu dua dekade dari luas awal yang mencapai 2,4 juta hektare," kata Direktur Komunikasi Konservasi Indonesia (KKI) Warsi, Rudi Syaf di Jambi, Jumat (14/9).

Menurut dia, penyempitan areal hutan tersebut utamanya disebabkan oleh alih fungsi hutan, dan penjarahan lahan hutan oleh pihak-pihak yang tidak bertangung jawab. Dari tahun 2011 hingga tahun 2012, kerusakan hutan di Jambi setidaknya telah mencapai 20 ribu hektare.

"Sulit untuk mengetahui angka pasti jumlah kerusakan hutan per tahun, sebab dibutuhkan biaya besar untuk melakukan penelitian tentang hal itu. Tapi saya memperkiran selama tahun 2011 hingga 2012 ini saja luas hutan yang dirusak mencapai 20 ribu hektare," bebernya.

Menurut Rudi, pada 2011, Kementerian Kehutanan (Kemenhut) telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) bagi 25 desa yang mendapatkan hutan desa di tiga kabupaten, yakni Merangin, Bungo dan Batanghari. Dengan adanya SK Hutan Desa yang luasnya mencapai 54.978 hektare ini, menunjukkan peningkatan ruang kelola rakyat yang diakui oleh negara.

Luasan ini, lanjutnya, tentu masih sangat jauh jika dibandingkan dengan pengelolaan hutan yang dilakukan oleh perusahaan. "Saat ini saja terdapat 18 perusahaan HTI definitif di Provini Jambi, dengan areal kelola mencapai 663.809 hektare. Juga masih ada yang telah mendapatkan areal pencadangan seluas 110.755 ha," ujarnya.

Selain itu, ada penambahan lahan berdasar rekomendasi gubernur seluas 79.066 ha. Total areal untuk HTI mencapai 853.430 ha. Sedangkan hak kelola rakyat melalui hutan desa hanya sekitar 6 persen dari total HTI di Jambi atau belum sampai 1 persen dari luas Provinsi Jambi.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jambi Irmansyah yang dikonfrimasi pada Kamis (14/9) tidak menjawab. Namun beberapa waktu lalu Irmansyah sempat membantah pernyataan itu. Menurutnya, data kerusakan dan penyusutan hutan di Jambi itu harus dikaji lebih mendalam lagi.

Sebab, lanjutnya, tidak seluruh kawasan dapat disebut hutan dan tidak seluruh hutan di Jambi menjadi tanggung jawab dan wewenang Dinas Kehutanan Provinsi Jambi. "Harus dilakukan pengkajian ulang, sebab hutan di Jambi ini banyak jenisnya, tidak semua hutan dapat digolongkan sebagai hutan lindung." katanya.

Masing-masing hutan, menurutnya, memiliki klasifikasinya masing-masing dan pertanggungjawabannya ada pada pihak-pihak yang berwenang atas hutan tersebut. "Misalnya hutan konservasi, itu diawasi dan menjadi kewenangan balai konservasi, hutan produksi dan hutan rakyat itu juga ditangani dan menjadi kewenangan masing-masing pihak," sebutnya.(Ant/BEY)

   
   
Hercules Adukan Spanduk Yang Catut Namanya ke Polisi
September 14, 2012 at 4:47 PM
 

Metrotvnews.com, Jakarta: Tokoh pemuda Indonesia timur, Hercules, Jumat (14/9), mengadu ke Polda Metro Jaya, Jakarta. Ia melaporkan adanya spanduk yang menyudutkan dirinya. Dalam spanduk tersebut tertulis "Mau Jakarta Aman, Pilih Jokowi-Ahok".

Hercules datang dengan didampingi ratusan pendukungnya dari organisasi masyarakata Gerakan Rakyat Indonesia Baru. Hercules tiba di Polda Metro Jaya pukul 11.00 WIB. Menurut Hercules, spanduk tersebut terpasang di beberapa titik di lima wilayah di Jakarta.

Hercules merasa disudutkan dengan tulisan di spanduk yang juga ada gambar dirinya itu. Hercules membantah memasang spanduk itu. Pihaknya kini sedang menyelidiki oknum yang memasang spanduk tersebut. Hercules menjelaskan, spanduk itu pertama kaliditemukan oleh anggota Gerakan Rakyat Indonesia Baru di kawasan Roxi, Jakarta Pusat.

Hercules tidak ingin timbul fitnah yang akan mengganggu jalannya proses pemilihan gubernur DKI Jakarta, 20 September nanti. Setelah bertemu dengan Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Rikwanto, Hercules bertemu Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Untung S. Rajab. Keduanya sepakat menjaga Ibu Kota selama pemilihan gubernur. (Hilman Mattauch/DOR)

   
   
BMKG: Gelombang Teluk Tomini Capai Dua Meter
September 14, 2012 at 4:47 PM
 

Metrotvnews.com, Gorontalo: Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Bandara Jalaluddin Gorontalo mengingatkan para nelayan berhati-hati dengan gelombang tinggi di Teluk Tomini yang mencapai dua meter. Kondisi tersebut diperkirakan berlangsung hingga 18 September mendatang.

"Nelayan sebaiknya berhati-hati saat melaut, terutama menjaga keselamatan," analis BMKG, Fatuhri Syabani, Jumat (19/9).

Selain di bagian selatan Sulawesi, khususnya Teluk Tomini, gelombang cukup tinggi juga terjadi di bagian utara Gorontalo yang masuk dalam kawasan Laut Sulawesi. Ketinggian ombak maksimal mencapai 1,75 meter.

Gelombang tinggi membuat sebagian besar nelayan enggan untuk melaut. Iman, nelayan di Kelurahan Pohe, Kota Gorontalo mengatakan, selain gelombang tinggi, angin musim timur yang juga ditandai dengan derasnya arus atas dan bawah laut membuat sebagian besar dari mereka tak melaut.

"Ada yang tetap nekat melaut, tapi hanya di sekitar garis pantai saja," kata dia.(Ant/BEY)

   
   
Beyonce dan Jay Z Galang Dana untuk Obama
September 14, 2012 at 4:47 PM
 

Metrotvnews.com, Washington: Kampanye pemilihan kembali Presiden Amerika Serikat Barack Obama mendapatkan tambahan kekuatan dengan kehadiran Beyonce dan suaminya Jay-Z.

Pasangan superstar itu menggelar acara pengumpulan dana bersama Obama di sebuah klub malam kenamaan milik Jay-Z di New York.

Tiket untuk acara itu dijual dengan harga US$40 ribu. Namun, panitia kampanye Obama menyebut pendukung Presiden AS itu bisa memberikan sumbangan untuk memenangkan dua tiket termasuk tiket pesawat dan akomodasi.

Beyonce dalam surat elektronik yang ditujukan kepada para pendukung Obama mengaku dirinya adalah penggemar sang Presiden dan berjanji akan berusaha sekuat tenaga untuk membantu Obama meraih kemenangan di Pemilu AS. (MI/ICH)

   
   
Analis: Emas Berpotensi Capai 1.800 Dollar
September 14, 2012 at 4:47 PM
 

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Sentral Amerika Serikat atau U.S. Federal Reserve akhirnya meluncurkan kebijakan pelonggaran kuantitatif. The Fed akan membeli obligasi berbasis KPR (Mortgage backed Securities (MBS) sebesar 40 miliar dolar AS per bulan.

Program ini akan dijalankan hingga pasar tenaga kerja membaik. Selain itu, The Fed juga akan mempertahankan suku bunga mendekati nol persen hingga pertengahan 2015 dari sebelumnya hingga akhir 2014.

Head of Research and Analysis PT Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra, mengatakan di Jakarta, Jumat (14/9), kebijakan yang sangat agresif ini langsung merontokkan nilai tukar dolar AS terhadap mata uang utama dunia. Sementara instrumen berisiko lainnya, seperti komoditas dan saham, melejit.

Harga emas mendapatkan momentum penguatan yang besar dari pengumuman The Fed ini. Harga emas berpotensi mencapai 1.800 dengan "support" di kisaran 1.761. "Semua indikator teknikal masih menunjukkan penguatan. Namun, bila level 1.761 tembus ke bawah, emas akan berkonsolidasi dulu di area 1.750-an sebelum menguat kembali," katanya.

Pada penutupan perdagangan, Kamis (13/9) kemarin, emas menggapai level tertinggi dalam hampir tujuh bulan terakhir setelah U.S. Federal Reserve menjelaskan secara detil mengenai program pembelian obligasi tahap berikutnya demi mendorong pertumbuhan ekonomi AS.

Emas untuk pengiriman Desember menguat 38,40 dolar AS, atau naik 2,2 persen, menjadi 1.772,10 dolar AS per troy ons di Comex, divisi dari New York Mercantile Exchange. Harga kemarin merupakan yang tertinggi sejak akhir Februari. Penguatan harga emas dalam sepekan ini mendekati 4 persen, dan dalam sebulan logam mulia ini melonjak 5 persen. (ant/DOR)

   
   
WNI Ditembak di Malaysia Diduga Bukan TKI
September 14, 2012 at 1:41 PM
 

Metrotvnews.com, Tanjungpinang: Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Provinsi Kepulauan Riau menyatakan empat orang warga Indonesia yang ditembak aparat keamanan Malaysia diduga bukan berstatus TKI.

"Empat orang warga Indonesia itu diduga bukan TKI. Mereka tidak terdaftar sebagai TKI, namun kami masih mencari informasi tentang mereka," kata Kepala BP3TKI Kepulauan Riau, Mangapin Simamora, Jumat (14/9).

Ia mengaku pihaknya berhati-hati menangani masalah ini karena menyangkut kepentingan dua negara. Untuk sementara, BNP3TKI menyimpulkan keempat warga Indonesia itu bepergian ke Malaysia untuk jangka waktu yang lama.

"Meski demikian mereka tetap wajib dilindungi negara," katanya.

BNP2TKI (Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia) telah mengirim tim untuk menelusuri masalah itu. Beberapa staf BNP3TKI juga ditugaskan ke Bengkong, Batam, untuk memastikan apakah benar tiga dari empat warga Indonesia yang tewas itu berasal dari Batam.

Selain itu, BP3TKI juga masih menunggu data-data terkait empat warga Indonesia yang tewas karena ditembak polisi Malaysia. "Seorang warga Indonesia dapat dipastikan berasal dari Jawa Timur, tetapi tiga orang lainnya masih diselidiki," ujarnya.

Kedutaan Besar RI untuk Malaysia telah meminta keluarga korban mengidentifikasi jenazah diduga tenaga kerja Indonesia yang tewas ditembak polisi Diraja Malaysia, Jumat (8/9).

"Tadi kami ditelepon KBRI Malaysia, diminta menjelaskan ciri-ciri keluarga yang tewas," kata Shanty, istri Osnan, satu dari empat orang yang ditembak itu di Batam.

Identifikasi itu, menurutnya, penting agar pihak kedutaan tidak salah menandai jenazah. Kepada keluarga, ungkapnya, KBRI tidak menjelaskan kondisi jenazah. Pejabat Kementerian Luar Negeri juga enggan menjelaskan perihal tudingan perampok yang ditujukan kepada korban.

"Suami saya bekerja di perkebunan kelapa sawit di Malaysia sebelum 2003. Suami saya pulang ke Batam setiap dua hingga tiga pekan sekali," ujarnya.

Shanty mengatakan petugas KBRI menanyakan apakah memiliki paspor, agar bisa berangkat ke Malaysia untuk mengidentifikasi langsung. "Saya tidak punya paspor. Saya orang miskin," kata Shanty.

Meski begitu, ia mengatakan ingin mengidentifikasi langsung untuk memastikan kondisi suaminya. Ia berharap jenazah suaminya dapat segera dipulangkan ke Batam untuk dikebumikan di Tanah Air. "Saya mau secepatnya," ujarnya.(Ant/BEY)

   
   
Survei INES: Lebih 72 Persen Warga Jakarta Pilih Jokowi-Ahok
September 14, 2012 at 1:41 PM
 

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia Network Elections Survey (INES) merilis hasil survei pemilihan gubernur DKI Jakarta putaran keduaI. Hasilnya, 72,48 persen responden akan memilih pasangan Joko Widodo (Jokowi) dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Survei dilakukan dengan 10 ribu responden penduduk Jakarta, 28 Agustus hingga 9 September lalu. Analisa hanya dilakukan pada 9.720 sampel. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling.

"Survei menjaring berbagai latar belakang warga DKI Jakarta, termasuk warga asli Betawi. Sebanyak 72,48 persen akan memilih pasangan Joko Widodo dan Basuki. Sementara yang memilih pasangan Fauzi Bowo–Nachrowi Ramli (Foke-Nara) hanya 27,52 persen," kata Sutisna Tri Sasono, Direktur Eksekutif INES melalui rilis, Jumat (14/9).

Sutisna mengatakan, dari 10 ribu sampel, toleransi kesalahan (margin of error) sebesar 2.5 persen pada tingkat kepercayaan 98 persen. Dalam survey ditemukan warga Jakarta sudah tidak percaya pada kepemimpinan saat ini.

"Sampel berasal dari 82 kelurahan dari seluruh Provinsi DKI Jakarta yang terdistribusi secara proporsional. Responden terpilih diwawancarai melalui tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih," kata Sutisna.

Koordinator Bidang Komunikasi dan Media Center Tim Kampanye Jokowi-Ahok, Budi Purnomo Karjodihardjo, merespon baik hasil survei INES. Budi berterima kasih kepada warga Jakarta yang mengharapkan figur baru dalam memimpin Jakarta lima tahun ke depan.(Andhini)

   
   
Soal WNI Ditembak, Pemerintah Jangan Terkendala Solidaritas ASEAN
September 14, 2012 at 1:41 PM
 

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah diminta lebih pro-aktif dalam membela Warga Negara Indonesia terkait penembakan di Malaysia. Adapun kewajiban negara adalah membela warga negaranya.

"Pemerintah Indonesia jangan terkendala solidaritas ASEAN," kata anggota Komisi I DPR yang juga Sekjen DPP PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (14/9).

Tjahjo mengatakan jumlah Tenaga Kerja Indonesia di luar negeri mencapai 6,5 juta orang. TKI bermasalah biasanya terjadi pada pekerja informal, hingga kini pun ada 39 ribu kasus.

Tjahjo meminta pemerintah harus memprioritaskan kasus TKI. Jangan menangani kasus per kasus, pemerintah juga diminta intens terkait advokasi dan mengeffektifkan penanganan TKI.

"Evaluasi terkait moratorium harus serius dan percepatan pembuatan MOU di negara-negara lain," ujar Tjahjo.

Ia juga menyarankan pemerintah memanfaatkan program pengampunan dan pemutihan TKI sekaligus mengkoordinasi Kementerian Luar Negari. Peran intelijen harus terpadu agar nasib dan nyawa TKI tidak terus menjadi korban di negara lain.(Andhini)

   
   
Sebuah Rumah di Taman Sari Dilempari Bom Molotov
September 14, 2012 at 1:41 PM
 
METRO TV NEWS

INDONESIA DAN TAIWAN SEPAKAT KERJA SAMA BIDANG PERIKANAN DI MOROTAI, MALUT *** PRESIDEN RUSIA VLADIMIR PUTIN KUTUK SERANGAN DIPLOMAT AS DI LIBYA *** MAHASISWA ITS JUARA DUA APLIKASI E-LEARNING TINGKAT DUNIA DI KORSEL *** WARGA AS DITUNTUT SEMBILAN BULAN DI PN DENPASAR TERKAIT PENGGUNAAN GANJA *** WARGA KOTA PARE-PARE, SULSEL, KESULITAN AIR BERSIH *** IRJEN ANANG ISKANDAR DILANTIK JADI GUBERNUR AKPOL MENGGANTIKAN IRJEN POL DJOKO SUSILO *** RATUSAN ORANG TERHAMBAT PEMBUATAN SIM DI KOTA BEKASI, JABAR, AKIBAT PERALATAN FOTO RUSAK *** JENAZAH TERDUGA TERORIS WAHYU RISTANTO DIMAKAMKAN DI DUSUN BANARAN, KARANGANYAR, JATENG *** POLISI MASIH SELIDIKI MOTIF PELEMPARAN BOM MOLOTOV DI GLODOK, JAKBAR *** 114 WNI DITAHAN DI KANTOR IMIGRASI PHNOM PENH, KAMBOJA TERKAIT PERJUDIAN ONLINE *** 20 IMIGRAN ASAL TIMUR TENGAH MELARIKAN DIRI DARI PENAMPUNGAN DI MADIUN, JATIM *** BMKG: GEMPA 6,1 SR DI TENGGARA KEPULAUAN MENTAWAI, SUMBAR, KEDALAMAN 83 KM TERJADI PUKUL 11:51 WIB ***

Metro View

TIGA

hari mendatang merupakan hari penentuan bagi dua pasang calon Gubernur DKI...

Video Advertorial

player

Mengenal Lebih Dekat DJ

Bugar dan Sehat

Foto

Keluarga

Foto

Otomotif

Foto

Relationship

Foto

Perjalanan

Foto

Gadget

Foto

   
   
Pemerintah: Pemilukada Serentak agar Pembangunan Bersinergi
September 14, 2012 at 1:41 PM
 

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah menjelaskan keinginan agar Pemilu Kada digelar serentak untuk menyinergikan pembangunan di pusat dan daerah. Rakyat juga tidak perlu berulang kali ke bilik suara.

"Dengan Pemilu Kada serentak, maka rencana pembangunan akan lebih sinergi. Saat ini pusat dan daerah tidak singkron atau sinergis," ujar Dirjen OTDA Djohermansyah dalam sebuah diskusi "Menyoal Penyelenggaraan Pilkada yang berkaitan dengan Pemilu 2014" di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (14/9).

Menurut Djohermansyah, dengan Pemilu Kada serentak tim sukses tidak perlu banyak menghabiskan energi sehingga kurang fokus mengurus fungsi partai.

Dalam Rancangan Undang-undang Pemilu Kada, pemerintah juga mengatur waktu sengketa, sehingga tahapan lainnya tidak terganggu seperti saat ini. Namun kelemahannya, Mahkamah Konstitusi tidak akan mampu menanggung beban Pemilu Kada serentak.

"Memang kelemahannya kalau terjadi konflik akan bersamaan," kata dia.(Andhini)

   
   
KPU Minta Payung Hukum Rencana Pemilu Kada Serentak
September 14, 2012 at 1:41 PM
 

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Malik menyampaikan sejumlah kendala terkait rencana digelarnya Pemilu Kada serentak dalam Rancangan Undang-Undang Pemilu Kada. Masalah inilah yang harus diselesaikan DPR dan pemerintah.

"Bicara Pemilu serentak tak akan selesai jika membahas masalah teknis, tapi anggaran juga. Apakah anggarannya APBN atau APBD?," kata Husni dalam diskusi "Menyoal Penyelenggaraan Pilkada yang berkaitan dengan Pemilu" di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (14/9).

Husni mengatakan ada 144 daerah yang akan menyelenggarakan Pemilu Kada 2013-2014. Dengan rencana Pemilu Kada serentak belum ada perubahan pada UU Nomor 12 Tahun 2008 tentang pemungutan suara pada kepala daerah yang masa jabatannya berakhir November-Juli.

Termasuk soal pemungutan suara putaran kedua. Padahal ini penting untuk menyikapi kepala daerah yang masa jabatannya berakhir sebelum 2013 dan sesudah 2014 serta tanggal pelaksanaan pemungutan suara Pemilu anggota DPR, DPD dan DPRD 2014.

"Kita perlu payung hukum paling lambat November. Apakah perppu atau lainnya," kata Husni.

Husni menyampaikan, penetapan parpol baru sebagai peserta Pemilu 2014 akan mempengaruhi kepengurusan partai di tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Ini juga bakal berpengaruh pada proses pencalonan Pemilu Kada.

Selain itu, kegiatan prapemilu yang hampir bersamaan antara Pemilu dan Pemilu Kada akan berpengaruh pada beban tugas penyelenggaran Pemilu. Termasuk rekruitmen anggota KPU Provinsi dan KPU Kabupaten Kota Baru untuk mengganti KPU provinsi dan KPU Kabupaten/Kota yang rata-rata berakhir November-Desember 2013.

"Pemilu Kada serentak juga butuh persiapan waktu satu tahun setelah presiden terpilih (2014) dilantik," ujar Husni.

Husni menyampaikan dengan rencana Pemilu Kada serentak KPU provinsi, kabupaten kota saja sudah mendapat keberatan terkait pengajuan anggaran.

"Seluruh KPU kabupaten kota yang kepala daerahnya berakhir 2014. Kita minta ajukan anggarannya sekarang. Untuk mampu mengatasi pemilu kada derah tersebut. Respon beragam ada yang tidak setuju, bahkan ada yang intensif menyampaikan pendapat untuk menertibkan KPU," lanjutnya.

KPU, kata Husni, meminta pemerintah dan DPR merespon semua permasalahan tersebut. Supaya KPU bisa melaksanakan tugasnya.(Andhini)

   
   
Kalsel Rebut Emas Gulat 55 kg
September 14, 2012 at 1:41 PM
 

Metrotvnews.com, Pekanbaru: Laju atlet gulat Kalimantan Selatan, Arbiansyah, tak terbendung oleh lawan-lawannya. Ia merebut medali emas gulat gaya greco kelas 55 kg di arena gulat di Universitas Islam Riau, Kamis (13/9) kemarin. Ia menundukkan atlet Jawa Timur, Heri Rudianto, dengan kemenangan angka mutlak.

Sebelum berjaya di final, Arbiansyah membanting kalah dua lawannya, atlet Jambi, Novi Yarno, dan atlet Kalimantan Timur, Suparmanto. Sejak babak penyisihan sore kemarin, Arbiansyah memang tampak unggul dibanding atlet gulat lainnya.

Di kelas ini medali perak disabet Heri Rudianto. Sedangkan medali perunggu dipegang Suparmanto, dan atlet dari Jawa Tengah, Sugiharto. Petang kemarin dipertandingkan gulat gaya greco kelas 50kg, 55kg, dan 60kg. (Githa Farahdina)

   
   
IHSG Dibuka Menguat
September 14, 2012 at 1:41 PM
 

Metrotvnews.com, Jakarta: Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) dibuka menguat ke posisi 4.205 poin pada Jumat (14/9). Penguatan didorong kebijakan bank sentral Amerika, The Fed melakukan kebijakan baru.

IHSG BEI dibuka naik 34,79 poin atau 0,83% ke posisi 4.205,42. Sementara indeks 45 saham unggulan (LQ45) menguat 8,86 poin (1,24%) ke level 724,75.

"Bursa Asia pagi ini dibuka menguat sekitar 1% memfaktorkan sentimen positif dari peluncuran pelonggaran kuantitatif (QE) oleh The Fed," kata analis Samuel Sekuritas  Yualdo Yudoprawiro di Jakarta, Jumat.

Ia menambahkan, The Fed mengumumkan akan melakukan QE dalam bentuk pembelian obligasi berbasis "mortgage backed securities" dengan nilai 40 miliar dolar AS setiap bulan. Bank Sentral AS juga berencana mempertahankan kebijakan suku bunga rendah hingga pertengahan 2015.

"Sentimen itu juga disambut positif di bursa komoditas dengan harga minyak menguat 1,3 persen ke level 98,3 per barel dan harga emas dunia menguat ke level tertinggi sejak Feb 2012 di 1.767 dolar AS per ons," kata dia.

IHSG hari ini diperkirakan menguat seiring sentimen positif dari bursa global dan komoditas. Beberapa saham kapitalisasi besar dan komoditas diperkirakan menguat dalam jangka pendek memfaktorkan potensi penguatan harga komoditas.

"Indeks BEI diperkirakan mencoba menembus level tertingginya di 4.226 poin hari ini sebagai level resistance kuat," katanya.

Bursa regional di antaranya indeks Hang Seng melemah 473,96 poin (2,36%) ke level 20.521,59, indeks Nikkei-225 naik 136,80 poin (1,52%) ke level 9.131,51, dan Straits Times menguat 36,35 poin (1,21%) ke level 3.066,78.(Ant/BEY)

   
   
Gempa 5,3 SR Guncang Banyuwangi
September 14, 2012 at 1:41 PM
 

Metrotvnews.com, Banyuwangi: Gempa bumi berkekuatan 5,3 skala Richter mengguncang wilayah Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (14/9) sekitar pukul 06.40 WIB. Gempa berpusat di 278 kilometer BaratDaya Banyuwangi.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam lamannya menyebutkan lokasi gempa tepatnya di 10.83 lintang selatan 113.70 bujur timur dengan kedalaman 10 km.

BMKG juga memastikan gempa tersebut tidak memicu gelombang Tsunami.(BEY)

   
   
FBI Tangkap Bos Anonymous
September 14, 2012 at 1:41 PM
 

Metrotvnews.com, Dallas: Seorang pemimpin kelompok peretas Anonymous ditangkap di Dallas, Amerika Serikat (AS) pada Kamis (13/9). Menurut keterangan juru bicara kepolisian Dallas Carmen Castro, pria yang bernama Barret Brown (31) dicokok sekitar pukul 23.00 waktu setempat.

"Saya tidak tahu mengapa ia ditangkap, tidak ada catatan kejahatan, tapi ia langsung digiring ke FBI," ujarnya.

Seperti dilansir Reuters, Brown memang sudah lama diawasi pihak keamanan. Ia juga pernah diwawancarai oleh FBI pada Maret lalu ketika lembaga investigasi AS itu menangkap Hector Xavier Monsegur yang menjadi pemimpin kelompok peretas Lulz Security.

FBI menolak untuk berkomentar mengenai penangkapan tersebut. Namun, seperti dilansir wired.com, penangkapan Barrett Brown merupakan yang kedua kalinya tahun ini. Ketika proses penangkapan berlangsung, Brown sedang bersama seorang perempuan yang diduga kekasihnya.

Ia dan sang kekasih sedang berpartisipasi dengan seorang individu lainnya melalui percakapan online menggunakan TinyChat. Proses penangkapan, tulis wired.com, layaknya sebuah drama.(MI/BEY)

   
   
Mobil Pribadi Idealnya Wajib Uji Berkala
September 14, 2012 at 10:37 AM
 

Metrotvnews.com, Jakarta: Mobil pribadi idealnya wajib uji emisi secara berkala. Apalagi itu telah menjadi amanat Undang-undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

"Sesuai regulasi itu, uji berkala wajib dilakukan terhadap kendaraan mobil penumpang umum, bus, mobil barang, kereta gandengan, dan kereta tempelan yang dioperasikan di jalan. Idealnya semua kendaraan bermotor, termasuk kendaraan pribadi wajib melakukan uji berkala," kata Plt Kepala Badan Litbang Kementerian Perhubungan Denny Siahaan, dalam siaran persnya di Jakarta, Jumat (14/9).

Hal itu, lanjut Denny, menjadi salah satu kesimpulan "roundtable discussion" bertema "Pembinaan, Pengawasan dan Implementasi Uji Berkala Kendaraan Bermotor Saat Ini dan Masa Depan yang diselenggarakan pekan ini.

Diskusi tersebut dihadiri para pejabat Ditjen Perhubungan Darat, Dinas Perhubungan Provinsi, Dishub Kota/Kabupaten, DPP Organda, Kemendagri, Korlantas POLRI, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), akademisi serta para pejabat dan peneliti di lingkungan Badan Litbang Perhubungan.

Peserta diskusi juga menyimpulkan, saat ini uji berkala dilaksanakan oleh unit pelaksana pengujian pemerintah kabupaten/kota. Sesuai UU No. 22 Tahun 2009 dimungkinkan untuk dilakukan oleh Penguji Kendaraan Bermotor (PKB), Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM), dan PKB swasta.

Berkenaan dengan hal tersebut, perlu disusun prosedur standar operasional mekanisme uji kir yang melibatkan unit pengujian swasta.

Di samping itu, pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan uji berkala perlu ditingkatkan untuk menghindari penyimpangan dan penyalahgunaan pelaksanaan kir kendaraan bermotor. Pemerintah juga didesak untuk segera menyusun pedoman monitoring dan evaluasi pelaksanaan uji berkala guna mengetahui kualitas pelaksanaan uji berkala kendaraan bermotor.

"Unit Penguji Kendaraan Bermotor (UPKB) seharusnya tidak dijadikan target Pendapatan Asli Daerah (PAD) karena akan berdampak pada kualitas hasil uji dan tingkat keselamatan," kata Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sudaryatmo yang tampil sebagai pembahas dalam diskusi tersebut.

Menurut Sudaryatmo, adanya kecurangan operator, dengan menyalahi prosedur pengujian dan membayar lebih murah dengan bekerja sama dengan aparat atau calo menyebabkan banyak kendaraan yang tak laik jalan bisa beroperasi.

"Dari fakta tersebut, banyak tantangan yang harus dibenahi pada uji kir, karena banyak pihak keliru dalam memahami uji kir tersebut, baik dari sisi petugas, operator maupun konsumen," katanya.

Denny mengakui saat ini masih marak berbagai keluhan masyarakat yang disampaikan lewat media massa tentang berbagai penyimpangan dalam pelaksanaan uji berkala. Sebab itu wajar jika diindikasikan mobil yang tidak laik jalan bisa lolos uji, sehingga memicu terjadinya kecelakaan yang melibatkan angkutan umum.

Hal itu diindikasikan antara lain karena kurangnya pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan uji berkala kendaraan bermotor. Akibatnya sering terjadi berbagai macam penyimpangan yang akan berdampak pada kualitas hasil uji berkala kendaraan bermotor.

"Belum jelasnya pembinaan dan pengawasan memicu terjadinya berbagai penyimpangan dalam pelaksanaan kir," katanya.

Selain itu belum adanya aturan atau legalitas mengenai penindakan dan sanksi hukum bagi para pelaku pelanggaran pelaksanaan kir. Hal itu disampaikan pembicara lain yang juga peneliti Madya Puslitbang Perhubungan Darat dan Perkeretaapian, Nunuj Nurdjanah.

Disimpulkan juga ke depan diharapkan terselenggaranya sistem informasi unit pengujian kendaraan bermotor di daerah (sistem online) dan pada akhir 2012 diharapkan telah selesai dengan daerah percontohan Bogor, Surabaya, Badung (Bali).(Ant/BEY)

   
   
Kemenkeu AS Beri Sanksi Bagi Hizbullah
September 14, 2012 at 10:37 AM
 

Metrotvnews.com, Washington: Kementerian Keuangan Amerika Serikat menjatuhkan sanksi atas pemimpin kelompok gerilyawan dan gerakan politik Lebanon, Hizbullah, Kamis (13/9). Menurut Kemenkeu AS, Hizbullah telah membantu Suriah menggilas protes anti-pemerintah.

Kemenkeu juga mengatakan dua anggota Hizbullah terlibat "kegiatan teror" secara umum.

Mengenai sanksi tersebut, para ahli menggambarkan tindakan Kemenkeu AS terhadap Hizbullah hanya tindakan simbolis. Sebab berbagai hukuman - pembekuan setiap asetnya di bank AS - telah dijatuhkan berdasarkan sanksi sebelumnya.

Kemenkeu AS menyatakan telah membidik Sekretaris Jenderal Hizbullah Sayid Hassan Nasrallah berdasarkan US Executive Order 13583 yang ditandatangani oleh Presiden Barack Obama pada Agustus 2011. Ini untuk menindak mereka yang membantu Suriah menindas protes terhadap kekuasaan Presiden Bashar al-Assad.

Kementerian Keuangan AS juga menjatuhkan sanksi atas dua anggota lain Hizbullah yakni Mustafa Amine Badreddine dan seorang pria yang diidentifikasi sebagai Talal Hamiya, pemimpin organisasi keamanan eksternal Hizbullah.

Badreddine dituntut oleh pengadilan PBB dalam pembunuhan mantan perdana menteri Lebanon Rafik al-Hariri pada 2005.

Kedua orang tersebut dibidik berdasarkan Executive Order 13224. "Karena menyediakan dukungan bagi kegiatan teror Hizbullah di Timur Tengah dan seluruh Dunia", kata Kemenkeu AS dalam satu pernyataan tertulis seperti dikutip Reuters.

Perintah pelaksanaan membekukan aset itu berada dalam jurisdiksi AS.

"Dengan membantu aksi kekerasan (Bashar) al-Assad terhadap rakyat Suriah dan bekerja untuk mendukung rejim, kegiatan Hizbullah merusak kestabilan regional dan menimbulkan ancaman langsung terhadap keamanan Lebanon," kata Wakil Menteri Keuangan AS David Cohen di dalam satu pernyataan. (Ant/Rtr/Wrt3)

   
   
Kembali Cedera, Jerome Thomas Absen Dua Pekan
September 14, 2012 at 10:37 AM
 

Metrotvnews.com, Jakarta: Nasib malang kembali menimpa punggawa West Bromwich, Albion Jerome Thomas. Menurut berita terakhir, yang bersangkutan dikabarkan mengalami cedera lanjutan.

Sebelumnya, Thomas telah mendapat serangkaian cedera selama musim panas lalu. Yakni cedera pada paha serta pinggul. Akibat cedera barunya, ia tak bisa dimainkan pada partai awal The Baggies. Kini, Jerome Thomas akan menepi di luar lapangan untuk dua pekan lagi.

Manajer Steve Clarke menyatakan, "Dia [Jerome Thomas] mengalami banyak cedera selama pra-musim. Dia menjalani operasi kecil pada lututnya dan akan absen selama beberapa minggu," kata Clarke.

West Brom tampil gemilang di awal musim. Dari tiga partai yang telah dilakoni, klub penghuni The Hawthorns sukses mengemas tujuh poin dan menempati posisi tiga di klasemen sementara. (goal/DOR)

   
   
Kate Middleton Senang Datangi Yayasan Amal di Malaysia
September 14, 2012 at 10:37 AM
 

Metrotvnews.com, Kuala Lumpur: Pangeran William dan Kate Middleton tiba di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (13/9). Dalam lawatannya, pasangan pewaris tahta Kerajaan Inggris itu menyempatkan diri mendatangi sebuah yayasan amal Hospis Malaysia.

"Tempat ini adalah tempat yang sangat spesial dan telah mencapai banyak hal. Saya sangat senang bisa bertemu dengan para pasien, orangtua, dan seluruh staf yang ada di sini," ujar Kate saat berpidato dalam kunjungannya tersebut.

Selain itu, pasangan bergelar Duke dan Duchess of Cambridge itu pun memenuhi undangan jamuan makan siang di kediaman resmi Perdana Menteri Malaysia Najib Rajak.

Selanjutnya, pasangan yang menikah pada 2011 itu akan melanjutkan kunjungan ke Sabah dan melakukan perjalanan ke dalam hutan hujan tropis.

William dan Kate tiba di Malaysia setelah melakukan lawatan ke Singapura. Mereka melakukan lawatan ke empat negara dalam rangka perayaan Yubileum Intan Ratu Elizabeth II. (Ant/RRN)

   
   
DPR: Menlu harus Investigasi Penembakan 5 WNI di Malaysia
September 14, 2012 at 10:37 AM
 

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi I DPR RI meminta Menteri Luar Negeri Indonesia Marty Natalegawa meminta penjelasan dari Pemerintah Malaysia terkait penembakan lima warga negara Indonesia. Menlu harus mencari tahu apakah ada teror sistemik kepada orang Indonesia di Negeri Jiran.

"Dalam pengamatan kami, yang jadi pertanyaan kasus-kasus penembakan di tempat terhadap orang yang diduga melakukan tindak pidana ini justru lebih banyak pada WNI. Pada warga Malaysia jarang terjadi masalah ini," kata Ketua Komisi I DPR RI Mahfudz Siddiq kepada wartawan, Jumat (14/9).

Mahfudz melihat, kasus penembakan terhadap WNI selalu berulang dan tidak pernah ada penyelesaian. Karena itu, Indonesia harus bersikap tegas. Mesti ada tim investigasi khusus untuk mengecek kejadian ini.

"Penembakan pada lima orng ini bukan perkara main-main. Artinya kalau kita bicara yang ditembak lima orang, walapun masih diduga, ini seperti ada kesengajaan dan sistemik. Masa sampai lima orang yang ditembak, kan aneh," kata politikus Partai Keadilan Sejahtera itu.(Andhini)

   
   
Curiosity Siap Jelajah Mars Lagi
September 14, 2012 at 10:37 AM
 

Metrotvnews.com, Florida: Kendaraan penjelajah Planet Mars milik NASA Curiosity tengah bersiap bergerak lagi setelah selesai melakukan pemeriksaan kesehatan.

Sejak mendarat di Mars pada 5 Agustus lalu, kendaraan penjelajah itu telah melakukan perjalanan sejauh panjang lapangan sepak bola, meninggalkan jejak roda di permukaan Mars.

Kendaraan paling canggih yang dikirimkan NASA ke Mars itu menghabiskan sebulan terakhir menguji berbagai instrumen miliknya sebelum menjalankan misi untuk mengetahui apakah kondisi di planet merah itu bisa ditempati oleh sejumlah mikroba.

Manajer misi Jennifer Trosper mengatakan kendaraan beroda enam itu sejauh ini melakukan aksinya tanpa cela.

Curiosity dijadwalkan melakukan pemeriksaan akhir atas tangan robotnya dan mengarahkan kameranya ke arah salah satu bulan Mars, Phobos yang bergerak di depan matahari sebelum kembali berjalan pada Jumat (14/9). (MI/AP/Wrt3)

   
   
BNN Tangkap Gembong Narkoba di LP Nusakambangan
September 14, 2012 at 10:37 AM
 

Metrotvnews.com, Cilacap: Badan Narkotika Nasional kembali menangkap gembong sekaligus pengendali jaringan narkoba internasional. Ironisnya, pelaku yang warga negara Nigeria bernama Adam Wilson alias Abu itu merupakan narapidana atas kasus yang sama.

Adam Wilson dicokok aparat BNN di Rumah Sakit Umum Daerah Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (13/9). Sang gembong yang sedang mendekam di Lembaga Pemasyarakatan Nusakambangan, Cilacap, itu diintai selama tiga hari. Adam Wilson tengah menjalani penjara untuk vonis hukuman mati.

Adam Wilson ditangkap setelah aparat BNN mengembangkan penangkapan kurir narkoba di Nusa Tenggara Timur dan Medan, Sumatra Utara. Saat ditangkap, Adam sedang menjalani rawat inap karena sakit.

Saat menggeledah Ruang Dahlia tempat ia dirawat, aparat BNN justru menemukan seorang teman wanita yang sedang bersamanya dan sejumlah alat kontrasepsi. Baharudin, sipir penjaga, hanya mengetahui jika Adam Wilson menderita penyakit kelamin.

Aparat BNN kemudian menyita sejumlah telepon seluler, termasuk melalukan tes urin kepada Adam dan temannya. Adam kembali dibawa ke Lembaga Pemasyarakatan Nusakambanganb, Cilacap, Jawa Tengah. (Darbe Tyas/DOR)

   
   
Berlusconi belum Menyerah Kejar Kaka
September 14, 2012 at 10:37 AM
 

Metrotvnews.com, Milan: Presiden AC Milan Silvio Berlusconi belum menyerah mengejar Ricardo Kaka. Apalagi Berlusconi mengetahui mantan pemain Milan itu hanya menjadi pelapis di tim seperti Real Madrid.

Penguasa Rossoneri itu, seperti dilansir Tribalfootball, siap kembali mengajukan tawaran untuk membawa pulang bintang Brasil pada Januari mendatang.

Untuk mewujudkannya, Berlusconi sendiri mendapat tentangan dari direksi lain. Pasalnya, mereka enggan berkomitmen untuk pengeluaran besar, seperti membeli kembali Kaka yang gagal mencapai puncak performa.

Selain Berlusconi, klub raksasa Turki, Galatasaray, juga tengah bermimpi untuk bisa mendapatkan Kaka ketika bursa transfer kembali dibuka. (goal/DOR)

   
   
Akhirnya, Profesor X Mati Di Tangan Cyclops
September 14, 2012 at 10:37 AM
 

TOKOH Charles Xavier atau biasa dikenal Profesor X akhirnya menemui ajal setelah lima puluh tahun berkiprah di komik terbaru X-Men. Pria yang memiliki kemampuan telepati itu dibunuh salah seorang anggota X-Men.

Kisah selengkapnya memang bisa dibaca dalam komik keluaran Marvel Entertainment edisi ke-11 yang bertajuk Avengers vs X-Men. Komik tersebut akan beredar Rabu (19/9) mendatang.

Xavier tewas di tangan Scott Summers, salah seorang murid seniornya. Summer atau Cyclops ini merupakan salah satu anggota pendiri tim X-Men dan menjadi anggota tetap dalam berbagai edisi komik X-Men.

Dalam serial terakhir, posisi Cyclops diambil alih oleh Phoenix, tokoh baru yang merupakan transformasi dari Jane Grey. Ini membuat karakter komik yang memiliki kemampuan mengeluarkan sinar dari matanya ini mengamuk. Dan Xavier menjadi korban amarahnya.

Pemimpin Redaksi Marvel Axel Alonso menjelaskan 'pembunuhan' Xavier bukan didasari kesengajaan penulis Brian Michael Bendis untuk menghabisi kiprah tokoh tersebut. Namun, "Cerita ini terus berkembang bahwa ini menjadi penampilan terakhir Charles Xavier," jelas Alonso.

Efek terbunuhnya Xavier ini, kata Alonso, akan berdampak pada cerita dalam judul baru dalam rangkaian komik selanjutnya, Uncanny Avengers dan All New X-Men. (AP/MI/Wrt3)

   
   
Timur Tengah Memanas, Harga Minyak Dunia Melonjak
September 14, 2012 at 7:34 AM
 

Metrotvnews.com, New York: Harga minyak mentah dunia melonjak tajam pada Kamis (Jumat pagi WIB). Harga minyak meroket ke tingkat tertinggi dalam empat bulan terakhir setelah Bank Sentral Amerika Serikat (Federal Reserve) mengumumkan stimulus baru untuk merangsang perekonomian yang lesu.

Di New York, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Oktober, melompat 1,30 dolar AS menjadi 98,31 dolar AS per barel. Di London, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Oktober naik 94 sen menjadi 116,90 dolar AS, harga terbaik sejak 2 Mei.

Kemarin, The Fed berjanji untuk mempertahankan suku bunga acuan rendah hingga pertengahan tahun 2015. The Fed juga meluncurkan program satu bulan 40 miliar dolar AS untuk membeli obligasi berbasis mortgage (hipotek) bertujuan untuk menurunkan suku bunga jangka panjang dan meningkatkan investasi, pengeluaran, dan perekrutan tenaga kerja.

Harga juga melonjak tinggi karena pedagang mengamati ketegangan di Timur Tengah yang kian memanas. Selain itu, keputusan pemerintah India menaikkan 12 persen harga solar juga memicu harga minyak mentah dunia meroket. (Ant/Wrt3)

   
   
Teater Boneka Yogyakarta Pukau Warga AS
September 14, 2012 at 7:34 AM
 

KEHIDUPAN seorang bocah ceria bernama Tupu dan kakak laki-lakinya, Moyo, berubah menjadi kesepian dan kesedihan sejak ayah mereka, Baba, diculik kelompok tak dikenal dan tanpa alasan yang jelas. Kehidupan bertetangga yang tadinya harmonis juga ikut terluka karena cap politik.

Cerita inilah yang digambarkan oleh Papermoon Puppet Theater dalam pementasan berjudul "Mwathirika" yang dalam bahasa Swahili berarti korban. Kelompok asal Yogyakarta ini mengajak penonton untuk membuka lembaran sejarah Indonesia yang suram pada 1965. Yang menarik, semua diceritakan tanpa narasi atau dialog. Emosi dibangun lewat boneka dan para pemainnya, video, musik latar, tata cahaya, set panggung dan properti lainnya.

Sutradara Papermoon Puppet Theater, Maria Tri Sulistyani mengatakan pada VOA, jika kita peduli dengan apa yang terjadi pada masa lalu, kita tahu di mana kita berdiri sekarang dan mau ke mana di masa depan.

"Karena biasanya sejarah itu berulang dan kita tidak mau jatuh ke kesalahan yang sama. Jadi ada baiknya kita selalu mengingat tragedi apa yang pernah terjadi dalam kehidupan kita supaya itu tidak terjadi lagi," ujar Maria.

Lakon "Mwathirika" ini ditampilkan Sabtu (8/9) di depan ratusan penonton di Kennedy Center, Washington DC. Salah seorang penonton asal Amerika yang pernah tinggal di Indonesia, Agatha Schmaedick, mengatakan ia sangat terkesan atas pementesan tersebut.

"Luar biasa, bagus sekali. Tidak ada kata-kata yang bisa mengungkapkan. Saya sangat terharu. Saya pikir sejarah adalah hal yang penting untuk dipelajari dan saya senang sekali sejarah ini diceritakan," ujarnya.

Penampilan Papermoon Puppet Theater di ibukota Amerika ini adalah bagian dari tur Amerika 2012. Kelompok yang berdiri sejak 2006 ini terpilih lewat program diplomasi budaya "Center Stage" yang diantaranya diprakarsai oleh Departemen Luar Negeri Amerika dan New England Foundation of The Arts (NEFA).

Adrienne Petrillo, Manajer Program NEFA mengatakan bahwa Papermoon dipilih karena keunikannya. "Karya seni mereka selangkah lebih maju. Panggung boneka yang mereka tampilkan berbeda dengan pertunjukkan wayang yang tipikal di Indonesia. Dan Papermoon memberikan banyak sentuhan estetika. Ide-ide mereka segar dan penuh energi," ujar Petrillo.

Selain menggelar pementasan, Papermoon juga mengadakan lokakarya di Lafayette College dan Juniata College di negara bagian Pennsylvania. Mereka juga akan mengikuti festival teater boneka Great Plains di negara bagian Iowa.

Tur Amerika Papermoon Puppet Theater berlangsung sampai 1 Oktober 2012. (VOA/Wrt3)

   
   
Ruud Gullit tak Keberatan Latih Milan
September 14, 2012 at 7:34 AM
 

RUUD Gullit mengungkapkan dirinya tak pernah merasa keberatan jika suatu hari diminta untuk menangani AC Milan. Namun, ia menegaskan saat ini Rossoneri sudah berada di tangan yang tepat.

Gullit yang kini akan berusia 50 tahun pernah membela Milan pada 1987 sampai 1993. Selama itu, ia berhasil memberikan tiga Scudetto, tiga gelar Piala Super Italia, dua Piala Eropa, dua Piala Super UEFA dan dua Piala Intercontinental.

"Saya pernah memiliki masa dari karir saya yang terbaik sewaktu bersama dengan Rossoneri," kata Gullit.

"Tentunya akan menjadi sebuah kehormatan jika mereka meminta saya untuk bisa berada di bangku cadangan. Bagaimana mungkin saya mengatakan tidak untuk sebuah klub yang begitu penting ini."

"Anda tak pernah tahu apa yang akan terjadi. Namun demikian saat ini tim sudah berada di tangan yang tepat," katanya merujuk pada sosok pelatih Massimiliano Allegri. (Goal/Wrt3)

   
   
Protes Film 'Innocence of Muslims' di Kairo Ricuh
September 14, 2012 at 7:34 AM
 

Metrotvnews.com, Kairo: Sedikitnya 224 orang cedera akibat bentrokan di luar Kedutaan Besar AS di Ibu Kota Mesir, Kairo, Kamis (13/9). Bentrokan berlanjut sampai larut malam antara pemrotes film anti-Islam AS dan pasukan keamanan di luar gedung kedutaan tersebut.

Menurut laporan kantor berita resmi Mesir, MENA, pemrotes melemparkan bola dan batu ke arah anggota keamanan. Serangan itu dibalas dengan tembakan gas air mata membuat sebagian pemrotes sesak nafas. Bahkan gas air mata juga mengenai beberapa pejalan kaki.

Dinas Kesehatan Mesir menyatakan kebanyakan korban cedera dirawat di tempat kejadian. Tapi ada juga beberapa tentara dan pemrotes yang cedera dibawa ke rumah sakit pemerintah terdekat.

Ambulans dikirim ke daerah sekitar gedung kedutaan dan Bundaran At-Tahrir. Kementerian Kesehatan juga berencana meluncurkan 42 ambulans guna mengamankan masjid, tempat Ikhwanul Muslimin menyerukan protes guna mengutuk film anti-Islam yang dibuat orang Amerika.

Pada Rabu (12/9), pemerintah Mesir mencela film tersebut "Innocence of Muslims" karena menghujat Nabi Muhammad SAW dan tak bermoral. Pemerintah di Kairo juga menugaskan Kedutaan Besar Mesir di Washington melakukan prosesur hukum yang perlu terhadap pembuat film itu.

Kepala Urusan Masyarakat dan Komunikasi Google Timur Tengah Maha Abul-Enein memutuskan untuk memblokir film tersebut. Meski demikian, film yang menghujat Nabi Muhammad SAW itu memicu serangkaian protes di dunia Arab selama beberapa hari belakangan. (Ant/Wrt3)

   
   
Presiden Yaman Minta Maaf pada Warga AS
September 14, 2012 at 7:34 AM
 

Metrotvnews.com, Sanaa: Presiden Yaman Abd-Rabbu Mansour Hadi, Kamis (13/9), meminta maaf kepada Presiden AS Barack Obama atas serangan terhadap Kedutaan Besar AS di Sanaa.

Serangan di Yaman terjadi sebagai bagian dari kemarahan yang tersebar luas di seluruh dunia Muslim mengenai film AS yang menghujat Nabi Muhammad SAW. Akibatnya, tiga orang meninggal atas peristiwa tersebut.

"Saya meminta maaf kepada Presiden AS Barack Obama dan rakyat Amerika Serikat atas serangan agresif terhadap Kedutaan Besar AS di Sana'a," kata Hadi di dalam pernyataan singkat sebagaimana dikutip kantor berita Yaman, Saba.

"Mereka yang melancarkan serangan ini adalah massa yang tak menyadari rencana yang berjangkauan jauh oleh kekuatan Zionis, terutama mereka yang menyiarkan film yang menghina Nabi Muhammad SAW," kata Hadi. Ia juga mengatakan telah memerintahkan penyelidikan mengenai serangan tersebut.

Kementerian Dalam Negeri Yaman mengatakan dalam satu pernyataan singkat bahwa semua staf diplomatik di Kedutaan Besar AS di Sanaa telah diungsikan ke satu tempat aman dan tak seorang pun cedera. (Ant/Wrt3)

   
   
KM Surya Indah Layak Berlayar
September 14, 2012 at 7:34 AM
 

Metrotvnews.com, Kutai Barat: KM Surya Indah yang dilaporkan tenggelam di Sungai Mahakam, Kampung Seblang, Kecamatan Muara Pahu, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur, masih layak berlayar.

"Semua dokumen KM Surya Indah lengkap, di antaranya sertifikatnya berlaku sampai 24 November 2012, izin usaha berlaku hingga 29 November 2012, persetujuan dan trayek berlaku sampai 1 Januari 2013," kata Kepala Dermaga Mahakam Ulu Kota Samarinda, Sukarjah, Jumat (14/9).

Berdasarkan data manifes, lanjut Sukarjah, jumlah penumpang KM Surya Indah saat meninggalkan Dermaga Mahakam Ulu sebanyak 40 orang, 11 unit kendaraan roda dua (motor), dan barang seberat 10 ton.

"Kapasitas KM Surya Indah yakni 96 penumpang dengan berat barang hingga 40 ton. Jadi, secara administratif dan teknis, kapal itu layak berlayar," kata Sukarjah.

KM Surya Indah itu diperkirakan tenggelam pada Kamis malam sekitar pukul 23.00 Wita, katanya.

"KM Surya Indah meninggalkan Dermaga Mahakam Ulu pada Kamis pagi sekitar pukul 07. 00 Wita dan akan menempuh perjalanan sekitar 18 jam menuju Pelabuhan Melak, Kutai Barat sehingga kapal itu dijadwalkan tiba pada Jumat dinihari sekitar pukul 01.00 WITA.

"Saya menerima informasi dari salah seorang tim SAR di lokasi sekitar pukul 01.30 Wita bahwa kapal itu diperkirakan tenggelam pada Kamis malam sekitar pukul 23.00 Wita. Pada informasi awal itu, disampaikan sebanyak 51 penumpang selamat dan satu orang meninggal," katanya.

"Kemudian, pada Jumat dinihari sekitar pukul 02.35 Wita saya menerima informasi lanjutan yang menyebutkan, 66 orang selamat, 11 hilang dan satu meninggal. Selanjutnya sekitar pukul 03.45 Wita, informasinya berkembang dengan 71 orang selamat, 12 hilang dan satu meninggal," ungkap Sukarjah.

Bertambahnya jumlah penumpang KM Surya Indah itu lanjut dia disebabkan, sebelum tiba di Pelabuhan Melak, Kutai Barat, kapal tersebut melewati tiga dermaga yakni Dermaga Tenggarong, Dermaga Kota Bangun serta Dermaga Muara Muntai, Kabupaten Kutai Kartanegara.

"Memang, dari Dermaga Mahakam Ulu di Samarida, KM Surya Indah hanya mengangkut 40 penumpang namun sebelum tiba di Pelabuhan Melak kapal itu akan singgah di tiga dermaga yang dilalui sehingga kemungkinan jumlah penumpangnya terus bertambah," kata Sukarjah. (Ant/Wrt3)

   
   
Gara-gara Film, Karzai Tunda Kunjungan ke Norwegia
September 14, 2012 at 7:34 AM
 

Metrotvnews.com, Oslo: Presiden Afghanistan Hamid Karzai menangguhkan perjalanan ke Norwegia setelah protes merebak di Libya dan Mesir terkait film Innocence of Muslims.

Informasi penangguhan itu dikeluarkan Kementerian Luar Negeri Norwegia, Kamis (13/9), yang sebelumnya diberitahu Menteri Luar Negeri Afghanistan.

Kementerian Luar Negeri Norwegia mengatakan Karzai merasa perlu tetap berada di Afghanistan karena perkembangan peristiwa serius di negara-negara Arab.

Kepada VOA, Juru bicara Karzai mengukuhkan penangguhan itu, tetapi tidak memberikan rincian lebih jauh.

Pada Rabu lalu, Karzai membahas penyerbuan ke konsulat Amerika Serikat di Benghazi, Libya, dalam percakapan telepon dengan Presiden AS Barack Obama. (VOA/Wrt3)

   
   
AS: Serangan di Benghazi Kemungkinan Direncanakan
September 14, 2012 at 7:34 AM
 

Metrotvnews.com, Washington: Para pejabat Amerika Serikat mengatakan serangan yang menewaskan Duta Besar Amerika Christoper Stevens dan tiga staf lainnya di kota Benghazi, Libya, kemungkinan telah direncanakan.

Pejabat mengatakan serangan pada Selasa (12/9) itu tampaknya operasi terkoordinasi dan rumit. Tetapi, para pejabat mengatakan terlalu dini untuk menentukan apakah serangan itu disengaja bertepatan dengan peringatan 11 tahun serangan 11 September terhadap Amerika Serikat.

Para pejabat Departemen Luar Negeri AS mengatakan serangan itu mulai hari Selasa kira-kira pukul 10 malam waktu setempat. Para penyerang memulai penembakan terhadap konsulat, kemudian membakar gedung itu ketika Stevens dan pejabat pengelolaan informasi AS Sean Smith berada di dalam. Mereka mengatakan, petugas keamanan di konsulat AS itu terpisah dari para diplomat karena asap tebal.

Pihak berwenang Libya menemukan Stevens dan membawanya ke sebuah rumah sakit Benghazi di mana dokter menyatakannya meninggal dunia akibat menghirup asap.

Para pejabat Amerika mengatakan serangan berlanjut setelah pasukan keamanan Amerika dan Libya mengungsikan staff konsulat lain ke bangunan di dekatnya.  Mereka mengatakan penyerang mulai menembaki gedung itu kira-kira tengah malam, menewaskan dua lagi pegawai Amerika, yang namanya belum diungkapkan.

Presiden Amerika Barack Obama mengutuk pembunuhan ke-4 warga Amerika itu dengan menyebutnya "keterlaluan dan mengejutkan". Obama bertekad untuk bekerjasama dengan pemerintah Libya untuk menyeret penyerang ke pengadilan.

Seorang pejabat mengatakan Angkatan Laut AS mengirim dua kapal perusak  menuju pantai Libya sebagai langkah berjaga-jaga. (VOA/Wrt3)

   
   
12 Penumpang KM Surya Indah Hilang, Satu Tewas
September 14, 2012 at 7:34 AM
 

Metrotvnews.com, Samarinda: Sebanyak 12 penumpang KM Surya Indah yang dilaporkan tenggelam di Sungai Mahakam, Kampung Seblang, Kecamatan Muara Pahu, Kabupaten Kutai Barat, dinyatakan hilang.

Menurut Kepala Satuan Reserse Kriminal Polresta Kutai Barat, Ajun Komisaris Polisi Suparno, Jumat (14/9) dini hari, pencarian ke-12 penumpang KM Surya Indah itu masih terus dilakukan oleh tim SAR gabungan dari kepolisian, TNI, serta masyarakat.

"Hingga saat ini, sudah 71 penumpang KM Surya Indah berhasil selamat, 12 orang dinyatakan hilang dan satu penumpang meninggal," ungkap Suparno.

Penumpang yang dinyatakan meninggal itu, lanjut Suparno, yakni juru masak kantin KM Surya Indah yang diperkirakan berusia 60 tahun.

Belum diketahui penyebab pasti tenggelamnya KM Surya Indah yang bertolak dari Dermaga Samarinda Ulu pada Kamis pagi sekitar pukul 07.00 WITA.

"Kami belum bisa menyimpulkan penyebab pasti karamnya kapal itu sebab saat ini masih berkonsentrasi pada pencarian dan evakuasi penumpang yang selamat," kata Suparno.

Kepala Dermaga Mahakam Ulu Kota Samarinda, Sukarjah, juga mengakui belum bisa memastikan penyebab pasti karamnya KM Surya Indah tersebut.

"Saya belum bisa memberikan keterangan terkait penyebab karamnya kapal itu sebab masih menunggu keterangan dari tim SAR yang hingga saat ini terus melakukanpencarian dan evakuasi penumpang kapal yang berhasil selamat," kata Sukarjah.

Para penumpang yang selamat kata Sukarjah saat ini sudah dievakuasi di Kantor Kecamatan Muara Pahu sementara korban yang meninggal dievakuasi ke puskesmas," katanya.

"Menurut informasi yang kami terima dari petugas disana (Muara Pahu) penumpang tersebut meninggal setelah berhasil naik ke darat," ungkap Sukarjah.

Nahkoda KM Surya Indah yang tenggelam itu lanjut Sukarjah sudah diamankan di kantor kepolisian setempat. (Ant/Wrt3)

   
   
1 dari 7 Warga AS Tergolong Miskin
September 14, 2012 at 7:34 AM
 

Metrotvnews.com, Washington: Sebuah studi mengatakan satu dari tujuh warga Amerika Serikat hidup dalam kemiskinan. Jika dihitung, jumlah orang miskin di AS sekitar 46,2 juta warga atau 15 persen dari jumlah penduduk negara adidaya itu.

Meski terhitung banyak, namun angka itu sedikit menurun dari tahun sebelumnya. Perbaikan dalam tingkat kemiskinan itu akibat beberapa juta orang yang bekerja paruh waktu berubah ke pekerjaan tetap.

Pakar Biro Sensus Amerika Serikat menetapkan 'kemiskinan' di AS dihitung dengan akumulasi pendapatan di bawah 23.021 dolar per keluarga yang beranggotakan empat orang.

Ron Haskins, ilmuwan dari Brookings Institution, menyalahkan berlanjutnya kemiskinan akibat dari pengangguran. Ia mengatakan lapangan kerja tumbuh lamban padahal ekonomi pulih dari resesi terburuk dalam beberapa dekade.

Laporan itu juga menunjukkan perbaikan dalam jumlah orang yang memiliki asuransi kesehatan. Jumlah orang yang tidak mempunyai asuransi turun menjadi kurang dari 49 juta.

David Johnson dari Biro Sensus mengatakan jumlah pelanggan perusahaan asuransi swasta hampir sama dengan asuransi milik publik. Tapi, pemerintah kini menanggung lebih banyak.

Persentase orang yang ditanggung oleh program asuransi pemerintah termasuk Medicaid, Medicare, Program Asuransi Kesehatan Anak-anak, dan militer meningkat selama lima tahun berturut-turut menjadi 32,2 persen pada tahun 2011.

Johnson mengatakan Undang-undang baru yang memungkinkan keluarga menanggung anak-anak dalam asuransi kesehatan orang tua sampai usia 25 tahun mengurangi jumlah orang yang tidak memiliki asuransi. (VOA/Wrt3)

   
   
Sporting Lisbon Kecewa Masuk Daftar Klub Hitam UEFA
September 14, 2012 at 4:32 AM
 

Metrotvnews.com, Lisbon: Sporting Lisbon memprotes UEFA karena memasukkan tim ibu kota Spanyol itu dalam daftar klub yang bermasalah dengan kondisi finansial. Daftar 23 klub bermasalah itu keluar berdasarkan peraturan financial fair play.

"Saya tidak bisa dibilang senang dengan pemberitaan ini. Saya sedih melihat nama Sporting disebut, ada kesalahan komunikasi," ujar Presiden Sporting Luis Godinho Lopes.

Sporting mengklaim telah membayar biaya transfer sejumlah 46 juta euro yang mereka belanjakan musim lalu termasuk pajak dan jaminan sosial. Wakil presiden Jose Guedes menegaskan, tidak ada gaji pemain yang ditunggak dan menjamin fans bahwa utang mereka tidak berarti.

"Kasus ini terkait pembayaran ke klub-klub lain dan jumlahnya tidak terlalu besar," pungkasnya.

UEFA akan menerapkan financial fair play sehingga bisa menahan uang hadiah mereka selama berkompetisi di kejuaraan antarklub Eropa musim lalu.

Daftar tersebut menyebutkan nama-nama besar antara lain seperti Atletico Madrid dan Malaga. (Goal/Wrt3)

   
   
Peraturan Menteri Keuangan Ancam Industri Rokok
September 14, 2012 at 4:32 AM
 

Metrotvnews.com, Jakarta: Industri rokok di Indonesia berpotensi mengalami kehancuran. Bahkan banyak orang menduga industri rokok dapat mengalami kerugian dalam waktu dekat.

Ancaman ini muncul terkait adanya proses pembuatan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 191/PMK.04/2010 mengenai Hubungan Istimewa Perusahaan Rokok.

Mengingat besarnya potensi dampak buruknya, diharapkan penerbitan peraturan itu ditunda. Penerbitan PMK diperkirakan hanya menjadi kepentingan kelompok tertentu saja.

"Ini kan dekat dengan 2014, Pemilihan Umum. Di goyang sedikit saja, barangkali ada kucuran uang, dan uangnya bisa digunakan untuk kepentingan politik," kata Poempida Hidayatullah, anggota Komisi IX DPR, dalam konferensi pers di Jakarta Selatan, Kamis (13/9).

Poempida menjelaskan, saat ini industri rokok menyerap tenaga kerja yang cenderung lebih besar dibanding industri lainnya. Industri rokok juga berkontribusi besar untuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), yakni terbesar ketiga setelah pendapatan dari pertambangan.

"Diperkirakan ada sekitar 30 juta orang yang bergantung pada industri rokok. Mulai dari pengusaha besar, menengah dan kecil, petani, pengecer, bahkan konsumen. Kalau industri ini dimatikan, entah apa dampaknya," tegasnya.

Lebih lanjut Poempida menambahkan dampak lain jika PMK diterapkan. Kenaikan harga dipastikan terjadi secara cepat.

Tingginya cukai tersebut, tandasnya, harus diikuti dengan mekanisme pengawasan di lapangan yang ketat. Pasalnya ia melihat ada potensi terjadinya permasalahan cukai palsu dan black market rokok murah.

"Cukai rokok tinggi pun tidak akan berdampak dalam konteks inflasi, karena rokok bukan variabel yang sensitif dalam ekonomi pasar," jelasnya.

Menurut Poempida, pengesahan RPP Tembakau dan Pemberlakuan PMK 191/2012, tentang tarif cukai tembakau, jika dalam pembuatan kebijakan terjadi overheating dalam suatu sektor, maka kebijakan tersebut bakal menjadi bumerang.

Anggota Komisi IX Rieke Dyah Pitaloka berkomentar serupa. Ia mengatakan patut diduga adanya kepentingan kelompok tertentu termasuk kelompok asing dalam industri rokok di Indonesia. (MI/Wrt3)

   
   
Nazaruddin: Anas Atur Program PLTS
September 14, 2012 at 4:32 AM
 

Metrotvnews.com, Jakarta: Terpidana kasus korupsi Wisma Atlet, Muhammad Nazaruddin, terus membuka keterlibatan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum dalam beberapa kasus korupsi.

Nazaruddin kembali menuduh Anas Urbaningrum sebagai pihak yang megatur semua program pengadaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dan Pekerjaan Supervisi Pembangkit Listrik (PSPL) di Direktotrat Jenderal Pembinaan dan Pengembangan Masyarakat Kawasan Transmigrasi (P2MKT) Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi tahun 2008.

"Anas yang mengatur semua diprogram PLTS dari anggarannya turun sampai selesai, semua sudah saya terangkan sama penyidik KPK," kata Nazaruddin seusai menjalani pemeriksaan KPK, Gedung KPK, Jakarta (13/9).

Selain itu, Nazaruddin juga menyampaikan keterlibatan pihak lain dalam kasus tersebut, seperti Menakertrans sebelum Muhaimin Iskandar.

"Tadi menyampaikan proyek PLTS keterlibatan Anas Urbaningrum yang dimana perannya, siapa saja pejabat Depnaker terima uang, termasuk mengalir juga ke menteri. Ini jaman sebelum menteri Menaker Muhaimin. Ada pertemuan Menaker, saya, Anas, dan Saan Mustapa di rumah Dinas Menakertrans," ujarnya.

Dalam surat putusan terdakwa PLTS Timas Ginting, disebutkan bahwa Nazaruddin dan Neneng mendapatkan keuntungan Rp2,7 miliar. Atas tindakan itu, negara mengalami kerugian sebesar Rp Rp3,8 miliar.

Selain Nazaruddin, KPK juga melakukan pemeriksaan saksi terhadap anak Buah Nazaruddin yang merupakan Direktur PT Anugerah Nusantara Amin Andoko, dan pengawai Bank BRI Lintang Surahcim. (MI/Wrt3)

   
   
Empat Orang Terkait Serangan di Benghazi Ditangkap
September 14, 2012 at 4:32 AM
 

Metrotvnews.com, Benghazi: Aparat keamanan Libya menangkap empat orang terkait penyelidikan serangan konsulat Amerika Serikat di Benghazi, Selasa (13/9) malam.

Serangan itu menewaskan Duta Besar AS untuk Libya Christopher Stevens dan tiga orang staf lain, kata Deputi Menteri Dalam Negeri Wanis Sharif, Kamis (14/9).

"Empat orang ditangkap dan kami menginterogasi mereka karena mereka diduga membantu menyulut kejadian-kejadian di konsulat AS," kata Sharif kepada Reuters. Namun, ia tidak memberikan penjelasan terinci lebih lanjut mengenai hal itu.

Para penyerang itu merupakan bagian dari massa yang menyalahkan AS atas sebuah film yang dianggap menghina Nabi Muhammad.

Kamis, demonstran menyerang kedutaan-kedutaan AS di Yaman dan Mesir untuk memprotes film itu. Sementara kapal-kapal perang AS bergerak mendekati Libya.

Presiden AS Barack Obama berjanji mengadili mereka yang bertanggung jatab atas serangan di Benghazi. Sebagian pejabat AS mengatakan serangan itu mungkin telah direncanakan sebelumnya.

Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton mengatakan, Washington tidak memiliki kaitan dengan film itu, yang disebutnya "menjijikkan dan tercela".

Serangan mematikan itu mendapat kecaman dari berbagai pihak, termasuk Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Pemimpin NATO Anders Fogh Rasmussen juga mengutuk serangan mematikan terhadap konsulat AS di Benghazi, Libya. Ia mengatakan, "kekerasan semacam itu tidak pernah bisa dibenarkan".

"Adalah penting bagi Libya yang baru untuk terus bergerak ke arah masa depan yang damai, aman dan demokratis," kata sekretaris jendral NATO itu.

Serangan terhadap konsulat AS di Libya itu dilakukan hanya beberapa jam setelah kelompok muslim garis keras menyerbu Kedutaan Besar AS di Kairo dalam protes serupa.

Benghazi dilanda pemboman dan serangan-serangan terhadap konvoi dan organisasi internasional serta beberapa misi Barat.

Kota di Libya timur itu adalah tempat lahirnya pemberontakan anti-pemerintah dan menjadi markas Dewan Transisi Nasional (NTC). (Ant/Wrt3)

   
   
Claude Makelele Lolos dari Tuduhan Kriminal
September 14, 2012 at 4:32 AM
 

Metrotvnews.com, Paris: Pengadilan Prancis membebaskan Claude Makelele dari tuduhan melakukan tindak kekerasan terhadap mantan kekasihnya.

AFP melansir, Thandi Ojeer, wanita berkebangsaan Inggris, menuduh Makelele telah menyerangnya pada Oktober 2010 saat kembali ke flat untuk mengambil pakaian dan barang-barang miliknya beberapa bulan setelah mereka putus hubungan. Wanita yang bekerja sebagai event organizer dan berpacaran dua tahun dengan Makelele itu menuduh mantan pacarnya memukul wajahnya.

Penuntut meminta agar Makelele dijatuhi hukuman bui lima bulan dan ganti rugi sebesar 90 ribu euro. Kamis (13/9), hakim pengadilan menolak mengabulkan tuntutan tersebut dan balik memutuskan agar Ojeer membayar denda sebesar 2.000 euro atas klaimnya kepada pengadilan.

Makelele, 39 tahun, merupakan mantan gelandang bertahan andalan timnas Prancis yang kini bertugas sebagai asisten pelatih Paris Saint-Germain. (Goal/Wrt3)

   
   
Buruh Yunani Siapkan Mogok Massal Pekan Ini
September 14, 2012 at 4:32 AM
 

Metrotvnews.com, Athena: Dua serikat buruh terbesar Yunani mengumumkan pemogokan umum menentang rencana program penghematan tanggal 26 September.

Juru bicara Konfederasi Umum Buruh Yunani mengatakan, pemogokan akan diikuti serikat buruh swasta dan serikat buruh sektor publik serta akan menjadi protes terbesar di negara itu.

Pemogokan 24 jam itu bertujuan memrotes pengurangan anggaran 14,8 miliar dolar AS yang diharuskan oleh kreditor Yunani. Para kreditor itu yakni Uni Eropa, Dana Moneter Internasional (IMF), dan Bank Sentral Eropa (ECB).

Para dokter, guru, dan pegawai kota Yunani akan mengikuti mogok untuk memrotes program penghematan itu, pekan ini. Sebab, sektor publik pun terancam dengan pengurangan pensiun, gaji, dan layanan kesehatan. (VOA/Wrt3)

   
   
Bank Sentral AS Umumkan Stimulus Baru
September 14, 2012 at 4:32 AM
 

Metrotvnews.com, New York: Setelah menyelesaikan pertemuan selama dua hari, para pejabat Bank Sentral Amerika Serikat (Federal Reserve) mengumumkan perubahan kebijakan baru pada Kamis (23/9). Gubernur Bank Sentral Ben Bernanke mengeluarkan pernyataan mengenai proyeksi terkait perekonomian AS.

Federal Reserve mengatakan akan membeli sekuritas terkait sektor perumahan sebesar 40 milyar dolar AS dalam satu bulan. Pembelian ini untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja yang mandeg.

Bank sentral AS tidak membatasi sampai kapan pembelian sekuritas itu dilakukan, namun dikatakan, jika perekonomian AS tidak mengalami perbaikan maka Federal Reserve kembali akan melakukan pembelian sekuritas. Federal Reserve juga mempertahankan kebijakan bunga rendah mendekati 0 persen hingga pertengahan 2015.

Bulan lalu Bernanke mengatakan bahwa lemahnya bursa lapangan kerja AS merupakan keprihatinan mendalam.

Karena pernyataan itu, para ekonom meramalkan bahwa Bank Sentral akan menyetujui babak baru pembelian surat obligasi dalam upaya menurunkan suku bunga primer yang sudah sangat rendah. Selain itu juga untuk mendorong peminjaman dan pengeluaran oleh bisnis dan konsumen.

Bank Sentral telah membeli surat obligasi pemerintah dan sekuritas KPR bernilai lebih dari 2 trilyun dolar, sejak krisis finansial global tahun 2008, tetapi pertumbuhan perekonomian AS tetap lamban. (VOA/Wrt3)

   
   
Atlet Binaraga Sumbar Ditawari Jadi Model Majalah
September 14, 2012 at 4:32 AM
 

Metrotvnews.com, Pekanbaru: Atlet binaraga Sumatra Barat Iwan Samurai peraih medali emas Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII-2012 di Riau ditawari menjadi model sebuah majalah kesehatan dan olahraga nasional.

"Saya sudah ditawari untuk menjadi model sebuah majalah kesehatan dan olahraga nasional," kata Iwan saat dihubungi Kantor Berita Antara, Jumat (14/9).

Menurut peraih medali emas kelas 70 Kg tersebut, ia saat ini sudah menjalani sesi pemotretan dan akan menyusun program selanjutnya setelah menjuarai ajang pesta olahraga empat tahunan itu.

Iwan mengatakan, nilai kontrak yang ditawarkan tersebut tidak bisa ia publikasikan karena masih dalam tahap pembicaraan.

Pada PON 2012 ini Iwan berhasil menyabet medali emas setelah menyisihkan dua kandidat kuat lainnya, yakni Andriano Valdi asal Jabar yang meraih perak dan Ramadan, asal DKI yang meraih perunggu.

"Ini hasil perjuangan dan latihan berat yang siapkan selama setahun sebelum mengikuti PON 2012, " katanya.

Ia mengatakan, untuk meraih apa yang saat ini ia capai butuh latihan keras dan kemauan untuk mampu menjaga otot, membentuk dan merawat sampai PON dimulai.

Untuk menjadi binaragawan, katanya, ada tiga langkah yang harus dilakukan. Mulai dari pembentukan, maintance, dan caving.

Fase ini jelas tidak gampang untuk dilalui karena semua perlu biaya tak sedikit. Tapi dengan keyakinannya, Iwan akhirnya mampu mencapai puncak.

Menyinggung keyakinannya untuk mampu meraih medali emas salah satu nomor bergengsi di PON itu, Iwan mengatakan, keyakinannya sangat besar untuk bisa mempersembahkan medali emas bagi Ranah Minang.

"Sebelum mengikuti PON ini, saya memasang target untuk bisa meraih medali emas, dan sekarang target tersebut bisa tercapai," katanya.

Ia mengharapkan, untuk PON 2016 akan ada lahir binaragawan asal Sumbar yang nantinya mampu meraih prestasi pada kejuaraan nasional dan dunia.

"Saya berharap, PON mendatang, apa yang saya capai ini bisa dipertahankan oleh atlet lain asal Sumbar nanti," katanya. (Ant/Wrt3)

   
   
Alqaeda Tayangkan Video 2 Pembajak Pesawat 11/9
September 14, 2012 at 4:32 AM
 

Metrotvnews.com, Dubai: Alqaeda, Kamis (13/9), menayangkan video dua pembajak pesawat serangan 11 September 2001. Serangan itu, kata Alqaeda, merupakan bagian dari perang untuk mengusir pasukan Amerika Serikat keluar dari Jazirah Arab.

Salim Hazmi dan Khalid Mihdar, dua dari 19 pembajak empat pesawat untuk serangan 11/9, muncul dalam video sambil membaca surat wasiat. Video tersebut dibuat oleh As-Sahab, sayap media Al-Qaeda, dan diberikan oleh Layanan Pemantauan SITE, yang bermarkas di Amerika Serikat.

Mihdar mengenakan jaket tentara dan sorban putih dengan senapan mesin di kirinya. Ia membaca surat wasiat tertanggal 21 Safar 1422 H atau 26 April 2001. Mihdar diyakini mendarat di Amerika Serikat pada Januari 2000.

"Para pemimpin Arab mengkhianati bangsa mereka dan mengizinkan Kristen Amerika Serikat ke tanah dua tempat suci Mekkah dan Madinah," katanya.

"Gerakan ini bagian dari perang suci melawan Amerika Serikat dan pendukungnya," kata Hazmi dalam pesan terpisah.

"Ini untuk memulihkan martabat umat Islam dan mengeluarkan Anda dari Jazirah Arab," kata Hazmi, yang tampil dengan jenggot merata, mengenakan thawb coklat dan sorban hitam.

"Masjid Aqsha dinodai dan Semenanjung Arab penuh tentara Amerika Serikat dan Inggris, yang melawan Allah," katanya merujuk pasukan asing yang bermarkas di Arab Saudi pada saat itu.

Hampir 3.000 orang tewas sesudah pembajak dari Alqaida menabrakkan dua pesawat ke gedung kembar World Trade Centre, New York. Pesawat lain menabrak Pentagon, sementara yang keempat jatuh di lapangan Pennsylvania setelah penumpang melawan pembajaknya.

Dua penyerang muncul dalam video berjudul "The Emerging Sun of Victory Over the Victorious Ummah and the Vanquished Crusades". Video itu terdiri atas pesan pemimpin Alqaida Ayman Zawahiri mengecam negara Muslim yang tidak mampu mengalahkan Israel.

"Pemerintah itu tidak bisa membebaskan Palestina. Bahkan, mereka membantu pendudukan di Palestina," katanya. Ia mengutuk pemerintah baru Arab yang dijalankan oleh kelompok Islami namun tetap memegang perjanjian perdamaian dengan Israel. (Ant/Wrt3)

   
   
Wabah Ebola di Kongo Tewaskan 31 orang
September 14, 2012 at 1:29 AM
 

Metrotvnews.com, Orientale: Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan, wabah virus Ebola di Republik Demokratik Kongo hingga kini menewaskan 31 orang. Lebih dari 70 lainnya terinfeksi.

Juru bicara WHO mengatakan, situasinya kini amat serius di Kota Isiro dan Viadana di Orientale, di kawasan timur laut Kongo. "Wabah ini tak terkendali. Sebaliknya, situasinya amat, amat serius," tutur juru bicara WHO di Kinshasa, Eugene Kabambi, kepada kantor berita Reuters.

"Jika tidak diambil tindakan sekarang, penyakit akan mencapai tempat lain dan bahkan kota-kota besar terancam," tambahnya.

Jumlah korban jiwa yang tercatat WHO ini meningkat hampir dua kali lipat dibanding sebelumnya. Lima di antara korban tewas diketahui adalah petugas kesehatan.

Namun Menteri Kesehatan Kongo, Felix Kabange Numbi, kepada kantor berita AFP mengatakan, kasus ebola di negaranya tak seseram seperti bayangan dunia internasional. Menurut dia, jumlah yang dicatat WHO adalah akumulasi dari semua kasus ebola selama ini.

Wabah ebola pertama kali diidentifikasi pada pertengahan Agustus di Orientale dengan korban sembilan jiwa. Namun komite memperkirakan virus itu sudah mulai menyebar sejak awal Mei sampai saat ini.

Sebelum ditemukan di Republik Demokratik Kongo, wabah Ebola ini menyerang Uganda dan menewaskan 16 orang. Orientale adalah daerah perbatasan dengan Uganda. Tapi lembaga kesehatan Prancis, Medicins sans Frontiers, menyebutkan wabah di Kongo dan Uganda tak berkaitan satu sama lain.

Virus Ebola, diambil dari nama sebuah sungai kecil di Kongo, adalah penyakit yang mengancam jiwa. Sekitar 50-90% penderita umumnya meninggal. Virus ini disebarkan ke tubuh manusia dari monyet maupun unggas serta menyebabkan pendarahan internal dan penyebaran di kalangan manusia melalui kontak langsung.(BBC/ICH)

   
   
Usulan `Produksi Bayi` di Denmark
September 14, 2012 at 1:29 AM
 

Metrotvnews.com, Copenhagen: Para pengurus taman kanak-kanak di Denmark menawarkan jasa gratis selama dua jam agar para orang tua dapat menghasilkan bayi. Langkah itu mereka usulkan untuk menangani rendahnya tingkat kelahiran di negara itu.

Usulan itu diajukan tujuh taman kanak-kanak di Pulau Fyn, barat Copenhagen. Dorte Nyman dari TK Grasshoppers mengatakan dengan makin berkurangnya jumlah anak, nasib taman kanak-kanak tak jelas.

Ia memperkirakan lebih dari setengah jumlah orang tua anak-anak di TK itu menerima tawaran gratis penitipan saban Kamis malam. "Ada 42 anak di taman kanak-kanak ini dan malam ini kami akan menjaga 20 anak," kata Nyman kepada BBC.

Para pengurus taman kanak-kanak itu merasa jumlah penduduk tua akan terus meningkat, sementara jumlah kelahiran menurun. Nyman mengatakan selain rendahnya tingkat kelahiran, taman kanak-kanak juga menghadapi pemotongan dana dari pemerintah.

"Tanpa dana, kami tak dapat mendidik anak-anak dan bila tidak cukup anak, kami juga akan kehilangan pekerjaan," terang Nyman.

Charlotte Margaard, pengurus taman kanak-kanak lainya, mengatakan tawaran itu disambut para orang tua. Dia mengatakan langkah ini perlu dilakukan untuk kepentingan nasional. Di kawasan Fyn Utara, jumlah kelahiran menurun 200 bayi dibandingkan tahun sebelumnya.

Denmark berada di posisi ke-185 dalam tingkat kelahiran dari 221 negara di dunia. Bila penduduk tua terus meningkat, Denmark tak akan mampu mendukung para pensiunan dan warga lain yang tergantung pada tunjangan negara.(BBC/ICH)

   
     
 
This email was sent to mobsolu@bo.edu.pl.
Delivered by Feed My Inbox
PO Box 682532 Franklin, TN 37068
Account Login
Unsubscribe Here Feed My Inbox
 
     

Anda sedang membaca artikel tentang

9/14 METRO TV NEWS AKTUAL

Dengan url

https://mobile-sulition.blogspot.com/2012/09/914-metro-tv-news-aktual_14.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

9/14 METRO TV NEWS AKTUAL

namun jangan lupa untuk meletakkan link

9/14 METRO TV NEWS AKTUAL

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger