Tanah Sudah Bebas, Lahan Proyek Tol Sering Kembali Diklaim Warga

Written By Unknown on Monday, September 17, 2012 | 3:26 PM

Jakarta - Proses pembangunan proyek tol kerap molor bahkan terbengkalai dari target yang ditentukan. Masalahnya, selain faktor pembebasan lahan yang alot, juga ada beberapa warga yang mengklaim suatu lahan padahal tanah tersebut sudah dibebaskan.

Ketua Tim Pembebasan Tanah Kementerian Pekerjaan Umum, Ambardi Effendi mencontohkan untuk proyek tol Kebon Jeruk-Ulujami atau JORR W2, ada beberapa titik lokasi yang kembali diklaim oleh pihak-pihak tertentu.

Ambardi mengakui fenomena ini kerap terjadi, pihaknya pun akan meladeni masalah-masalah tersebut secara hukum. Namun ia menyayangkan pihak-pihak yang begitu saja mengklaim dengan memasang patok atau memasang plang secara sepihak.

"Kita akan selesaikan, secara hukum, kan kita sudah bayar kepada pemiliknya yang memiliki surat tanah, dulu kenapa nggak berani pasang plang kepada yang punya sebelum ada proyek tol. Kenapa nggak dari dulu, seperti di W2 banyak, itu tidak heran," kata Ambardi kepada detikFinance, Senin (17/9/2012)

Ia menuturkan biasanya kasus-kasus semacam itu lebih bermotif mencari keuntungan oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab. Bahkan dalam kasus tertentu ada orang melakukan itu hanya demi mendapat uang kerohiman.

"Panitia kan membebaskan lahan berdasarkan bukti kepemilikan. Jadi kalau ada pihak yang tahu-tahu pasang plang, dengan surat nggak ada, jadi hanya minta uang kerohiman," katanya.

Selain itu, Ambardi menuturkan untuk membebaskan lahan proyek tol di Jakarta memang relatif besar anggarannya. Ia mengakui di Jakarta ada lahan yang terkena proyek tol yang nilai jual objek pajak (NJOP) hingga Rp 15 juta per meter.

"Itu risikonya kalau bikin jalan tol, kita nggak bisa serobot tanah orang," katanya.

(hen/dnl)

17 Sep, 2012


-
Source: http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/590259/s/237f17ce/l/0Lfinance0Bdetik0N0Cread0C20A120C0A90C170C1454210C20A222470C40Ctanah0Esudah0Ebebas0Elahan0Eproyek0Etol0Esering0Ekembali0Ediklaim0Ewarga/story01.htm
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Anda sedang membaca artikel tentang

Tanah Sudah Bebas, Lahan Proyek Tol Sering Kembali Diklaim Warga

Dengan url

http://mobile-sulition.blogspot.com/2012/09/tanah-sudah-bebas-lahan-proyek-tol.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tanah Sudah Bebas, Lahan Proyek Tol Sering Kembali Diklaim Warga

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tanah Sudah Bebas, Lahan Proyek Tol Sering Kembali Diklaim Warga

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger