Strategi Bisnis
"Corporate Communication" Berhubungan dengan Karyawan
Penulis : Dedi Muhtadi | Rabu, 21 November 2012 | 14:21 WIB
BANDUNG,KOMPAS.com — Corporate communication (CC) yang tugasnya menggambarkan sejumlah fungsi manajemen strategis perusahaan tidak hanya bergiat ke luar, tetapi juga ke dalam perusahaan.
Hubungan karyawan (employee relations), crisis and emergency communication, corporate citizenship, reputasi manajemen, marketing communication, corporate branding, image building, dan advertising merupakan aktivitas CC di samping hubungan investor, hubungan masyarakat, hubungan komunitas, dan hubungan media.
Hal itu dilontarkan Troy Pantau, Direktur Corporate Communication Danone Aqua, dalam acara Business Strategy Workshop yang digelar harian Kompas di Bandung, Selasa-Rabu (21-22/11/2012).
Workshop yang diikuti para eksekutif sejumlah perusahaan dan badan usaha milik negara (BUMN) itu juga menampilkan pembicara Direktur MBA School of Business Management ITB Reza Ashari Nasution, Direktur Etnomark Cunsulting Amalia E Maulana, dan wartawan senior Kompas Abun Sanda.
Menurut Troy, CC bertujuan untuk meningkatkan citra perusahaan dan reputasi. Dari sudut pandang pengembangan perusahaan, kualitas citra dan reputasi perusahaan menjadi prioritas utama dalam segala kesempatan yang akan memengaruhi dampak jangka menengah/panjang terhadap kinerja perusahaan.
Ini meliputi penguatan kepercayaan antara perusahaan dan asosiasi konsumen atau pejabat terpilih, menguatkan kredibilitas dengan pelanggan dan pemasok, menarik talenta terbaik dan meyakinkan mitra operasional atau keuangan, di samping mempertahankan hubungan yang dekat di antara anggota komunitas ilmuwan dan badan.
Dari sudut pandang kelangsungan perusahaan, kualitas reputasi perusahaan dan lainnya yang dibentuk berdasarkan opini pemimpin dan media merupakan faktor kunci yang membantu dalam menangani krisis dan mengurangi dampaknya terhadap kondisi bisnis. Grup mencari kesempatan untuk membangun citra perusahaan yang berbeda dan kuat serta reputasi yang dapat mengungguli kompetitor yang lebih besar.
"Penciptaan citra lokal yang lebih kuat akan dapat meningkatkan dampak bagi Grup Danone secara keseluruhan," ujar Troy.
Reputasi perusahaan terbentuk ketika ada kesesuaian antara citra (image) yang terbentuk dengan identitas yang dibangun perusahaan. Identitas perusahaan merupakan manifestasi visual realitas perusahaan dan gabungan dari komitmen perusahaan dalam beraktivitas serta terkait isu-isu yang ada.
Editor :
Marcus Suprihadi
Anda sedang membaca artikel tentang
"Corporate Communication" Berhubungan dengan Karyawan
Dengan url
http://mobile-sulition.blogspot.com/2012/11/communication-berhubungan-dengan.html
Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya
"Corporate Communication" Berhubungan dengan Karyawan
namun jangan lupa untuk meletakkan link
"Corporate Communication" Berhubungan dengan Karyawan
sebagai sumbernya
0 komentar:
Post a Comment