Tenggak Bir Pletok, Jokowi Terkesan Setu Babakan

Written By Unknown on Wednesday, November 21, 2012 | 2:55 PM


JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo meninjau kawasan wisata Betawi, Setu Babakan. Di sana dia menelusuri kawasan Setu Babakan, mulai dari melihat presentasi proyek Setu Babakan dari pengelola Setu Babakan, kemudian menyusuri danau Babakan, dan berdiskusi dengan para tokoh Betawi di salah satu rumah Betawi.




Saya minta kepada Pak Kadis, yang ada dianggarkan total tidak setengah-setengah, nanti malah ragu-ragu terus, semoga Dewan setuju


-- Joko Widodo




Sesampainya di sana, ia diterima oleh para tokoh Badan Musyawarah Betawi dan pengelola Setu Babakan, Jokowi langsung dihidangkan minuman khas Betawi, bir pletok. Setelah menelusuri Setu Babakan, Jokowi mengaku terkesan dengan segala kegiatan kebudayaan yang diselenggarakan di sana.


"Pertama, saya terkesan kegiatan dan program yang dikerjakan di Setu Babakan," kata Jokowi, di Setu Babakan, Jakarta, Rabu, (21/11/2012).


Jokowi mengatakan telah memerintahkan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI, Arie Budhiman untuk segera fokus dalam menganggarkan program dan proyek bagi pelestarian kebudayaan Betawi. "Saya minta kepada Pak Kadis, yang ada dianggarkan total tidak setengah-setengah, nanti malah ragu-ragu terus, semoga Dewan setuju," kata Jokowi.


Untuk kegiatan revitalisasi kawasan Setu Babakan, Jokowi menganggarkan sebesar Rp 291 miliar. "Untuk yang teknisnya, selanjutnya, dapat ditanyakan kepada Pak Arie Budhiman agar bisa disampaikan kedalam RAPBD-nya," ujar Jokowi.


Salah satu tokoh Betawi yang turut hadir mengikuti diskusi itu, Becky, mengatakan, Jokowi jangan hanya memerhatikan simbolik fisik bagi masyarakat Betawi. Namun, juga memerhatikan nilai-nilai Kebetawian yang menggambarkan keterbukaan masyarakat betawi.


"Harus dilihat pula budaya Betawi sampai sekarang ini dengan sisi egaliternya, jiwa humoris, dan nilai-nilai agamisnya," ujar Becky.


Paling tidak, kata Becky, nilai budaya Betawi itu harus seiring dan sejalan dengan fisik pembangunan kebudayaan Betawi. Menurut dia, unsur Betawi itu dapat mulai diajarkan dari usia dini dimulai dari lembaga pendidikan.


"Bagaimana kita memberikan pembekalan kepada anak didik. Kan ada muatan lokal di situ. Teman-teman Betawi juga sudah siap untuk mensukseskan itu," kata Becky.


Saat tiba di lokasi, Jokowi disambut oleh ratusan warga Setu Babakan yang tampak antusias menyambut kedatangan mantan Wali Kota Solo tersebut. Kedatangan Jokowi itu didampingi oleh Wali Kota Jakarta Selatan, Anas Effendy; Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI, Arie Budhiman; Asisten Bidang Pembangunan DKI, Wiryatmoko.


Berita terkait dapat diikuti di topik :


100 HARI JOKOWI-BASUKI






Editor :


Hertanto Soebijoto









Anda sedang membaca artikel tentang

Tenggak Bir Pletok, Jokowi Terkesan Setu Babakan

Dengan url

http://mobile-sulition.blogspot.com/2012/11/tenggak-bir-pletok-jokowi-terkesan-setu.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tenggak Bir Pletok, Jokowi Terkesan Setu Babakan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tenggak Bir Pletok, Jokowi Terkesan Setu Babakan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger