Total Jemaah Haji yang Meninggal 247 Orang

Written By Unknown on Friday, November 2, 2012 | 2:43 PM


JEDDAH, KOMPAS.com — Hingga hari ke-43, total jemaah haji asal Indonesia yang meninggal di Tanah Suci mencapai 247 orang. Jumlah tersebut meningkat tajam setelah prosesi ke Armina (Arafah, Muzdalifah, dan Mina).

Informasi yang dikumpulkan di Jeddah, Jumat (2/11/2012), tercatat, pada 23 Oktober 2012 pukul 15.00 waktu Arab Saudi, atau sehari sebelum jemaah diberangkatkan ke Armina, baru sebanyak 102 anggota jamaah haji Indonesia yang meninggal.

Terjadinya peningkatan lebih dua kali lipat karena tingkat kelelahan jemaah meningkat setelah menjalankan ritual utama haji. Ritual utama itu adalah wukuf di Arafah, mabit di Muzdalifah, dan mabit tiga hari di Mina berikut tiga kali melontar jumrah, lalu tawaf ifada dan sa’i.

Dari 247 yang meninggal, penyebab utama adalah gangguan jantung 154 orang, gangguan pernapasan 70 orang, infeksi dan parasit 9 orang, endoktrin nutrisi 5 orang, gangguan sistem pencernaan 4 orang, penyakit pembuluh darah dan organ 1 orang, sistem saraf 2 orang, dan keracunan 1 orang.

Dari segi lokasi, yang wafat di Mekkah 194 orang, Mina 24, Madinah 19, Arafah 6, Jeddah 2, dan di perjalanan 2 orang. Sementara dari segi jenis kelamin, pria 137 dan wanita 110 orang.

Daker Jeddah sudah mempersiapkan surat keterangan wafat untuk dikirim ke ahli waris. Sekretaris Daker Jeddah Nur Alya Fitra menerangkan isi surat pemberitahuan itu antara lain data diri almarhum atau almarhumah.

Misalnya almarhum atas nama Juju binti Lili Adinata di Nagarawangi RT004/004 Nagarawangi, Cihideung, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Almarhum dari Embarkasi Jakarta dan tergabung dalam kelompok terbang JKS 8. Bersama surat pemberitahuan itu juga dilampirkan surat keterangan untuk Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jabar.

Isi pemberitahuan itu terdiri dari nama almarhum atau almarhumah, nama orang tua, usia, jenis kelamin, nomor paspor, alamat nomor maktab, embarkasi, kloter, lokasi dan tanggal wafat, dan lokasi dimakamkan. Surat itu diperlukan untuk mengurus santunan dari asuransi.












Anda sedang membaca artikel tentang

Total Jemaah Haji yang Meninggal 247 Orang

Dengan url

http://mobile-sulition.blogspot.com/2012/11/total-jemaah-haji-yang-meninggal-247.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Total Jemaah Haji yang Meninggal 247 Orang

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Total Jemaah Haji yang Meninggal 247 Orang

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger