Penjualan Mobil ASII Melonjak, Motor Turun

Written By Unknown on Friday, November 2, 2012 | 2:54 PM


BANDUNG, KOMPAS.com - PT Astra International Tbk (ASII) mengalami kenaikan bisnis di divisi otomotif. Penjualan mobil mengalami lonjakan, tapi sepeda motor mengalami penurunan.


Head of Investor Relation ASII Tira Ardianti menjelaskan Astra telah meluncurkan 17 model baru dan 26 model facelift selama sembilan bulan pertama di 2012. "Dengan tipe mobil yang semakin banyak, penjualan mobil kami juga melonjak," kata Tira di Hotel Luxton Bandung, Jumat (2/11/2012).


Hingga kuartal III-2012, penjualan mobil dari Astra mengalami kenaikan 24 persen menjadi sebesar 448.000 unit. Dengan penjualan tersebut, pangsa pasar mobil Astra stabil di level 55 persen. Sementara penjualan mobil nasional di periode yang sama mencapai 24 persen menjadi 816.822 unit. Sekitar 45 persen atau mencapai 368.000 unit dari penjualan mobil tersebut dikontribusikan dari pihak lain.


"Penjualan mobil grup Astra meliputi Toyota, Daihatsu, Isuzu, UD Trucks dan Peugeot," tambahnya.


Bila diperinci, Toyota mengontribusikan penjualan mobil mencapai 36,6 persen, Daihatsu 14,8 persen dan Isuzu 3,1 persen. Sementara penjualan sepeda motor Astra mengalami penurunan 3 persen menjadi 3,1 juta unit. Namun pangsa pasarnya justru meningkat dari 52 persen menjadi 58 persen.


"Penurunan penjualan ini disebabkan karena dampak pemberlakuan peraturan baru mengenai uang muka (down payment) minimum pada pembiayaan otomotif sejak pertengahan Juni 2012," tambahnya.


Menurut Tira, selama sembilan bulan pertama ini, grup Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan dua model baru dan sembilan model facelift. Di sisi lain, penjualan motor dari grup Astra ini justru lebih baik bila dibanding dengan penjualan motor nasional, yang justru anjlok 14 persen menjadi 5,3 juta unit.


Sementara kontribusi divisi otomotif ini ke laba bersih Astra International mengalami kenaikan 17 persen menjadi Rp 7,2 triliun, termasuk Rp 3,7 triliun dari perseroan dan anak perusahaan, serta Rp 3,5 triliun dari perusahaan asosiasi dan jointly control entities di bidang otomotif.






Editor :


Erlangga Djumena









Anda sedang membaca artikel tentang

Penjualan Mobil ASII Melonjak, Motor Turun

Dengan url

http://mobile-sulition.blogspot.com/2012/11/penjualan-mobil-asii-melonjak-motor.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Penjualan Mobil ASII Melonjak, Motor Turun

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Penjualan Mobil ASII Melonjak, Motor Turun

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger