Produksi Minyak Mulai Pulih

Written By Unknown on Sunday, January 27, 2013 | 2:54 PM


JAKARTA, KOMPAS.com — Deputi Pengendali Operasi Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi Gde Pradnyana menyatakan, produksi minyak mulai pulih setelah mengalami penurunan produksi sangat tajam hingga ke level 802.000 barrel per hari. Anjloknya produksi minyak itu karena cuaca buruk dalam beberapa hari terakhir yang merusak sejumlah fasilitas operasi migas.


Menurut Gde Pradnyana, Minggu (27/1/2013), di Jakarta, dari CICo di Selat Makassar, di laporkan, gas lift compressor sudah kembali back on line sehingga akan kembali menambah produksi minyak 2.300 barrel per hari.


Demikian pula dari TAC Poleng dilaporkan, Sabtu siang ini 6 dari 12 baut pada pipa salur yang putus sudah berhasil dipasang sehingga Sabtu sore lalu bisa selesai dan produksi akan kembali 6.000-7.000 barrel per hari.


"Sebagaimana diketahui, selama beberapa hari terakhir ini kita mengalami berbagai masalah operasi, baik akibat cuaca buruk maupun akibat kendala peralatan produksi. Seminggu terakhir ini gelombang di Laut Jawa mencapai 6-7 meter yang menyebabkan putusnya tali jangkar maupun pipa salur tangki penampung minyak di lepas pantai," katanya.


Akibatnya, pada pekan lalu, produksi minyak mentah nasional mencapai level sangat rendah, yaitu berkisar 806.000-809.000 barrel per hari. Penyebabnya adalah  kehilangan produksi 13.000 barrel per hari akibat total penghentian operasi di HESS Jawa Timur selama pemindahan rig yang sedikit terkendala oleh cuaca.


Kemudian putusnya pipa salur di Lapangan Poleng sehingga West Madura Offshore hanya mampu berproduksi kurang dari 2.000 barrel per hari. Padahal, targetnya West Madura Offshore menghasilkan 25.000 barrel per hari.


Pada saat bersamaan juga terjadi getaran hebat pada surge valve di area pembuatan propane train-2 Tangguh yang menyebabkan kilang harus berhenti beroperasi sehingga kehilangan produksi kondensat 4.000 barrel per hari. Beberapa kebocoran juga dialami Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (ONWJ).


Kemarin sore, produksi dari HESS sudah mulai naik, produksi minyak sudah 5.100 bph dari target maksimal 14.000 bph. Demikian pula produksi gas juga sudah mulai normal mencapai 37 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD). Dengan demikian, kilang elpiji juga akan mulai kembali beroperasi pada Sabtu ini.












Anda sedang membaca artikel tentang

Produksi Minyak Mulai Pulih

Dengan url

http://mobile-sulition.blogspot.com/2013/01/produksi-minyak-mulai-pulih.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Produksi Minyak Mulai Pulih

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Produksi Minyak Mulai Pulih

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger