Terminal Bayangan Biang Kemacetan

Written By Unknown on Tuesday, July 30, 2013 | 2:56 PM





JAKARTA, KOMPAS.com —Terminal bayangan yang marak di sejumlah wilayah di Jakarta menjadi salah satu penyebab kemacetan lalu lintas. Mereka menempati badan jalan yang seharusnya menjadi tempat lalu lintas kendaraan bermotor. Di tempat itu berlangsung aktivitas menaikkan dan menurunkan penumpang.

“Ini yang membuat kelancaran lalu lintas terganggu. Mereka itu ilegal, menggunakan badan jalan untuk naik dan turun penumpang. Aktivitas itu harusnya berlangsung di terminal atau tempat yang disediakan,” kata Kepala Bidang Pengendali Operasi Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sunardi Sinaga, Selasa (30/7/2013) di Jakarta.


Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana membersihkan semua terminal bayangan itu. Sebab, keberadaan mereka melanggar Peraturan Daerah DKI Jakarta Nomor 8 Tahun 2007 Tentang Ketertiban Umum. Penertiban digelar bekerja sama dengan Satuan Polisi Pamong Praja yang memiliki kewenangan menegakkan perda.


Menurut Sunardi, ciri-ciri terminal bayangan itu, antara lain berada di lokasi strategis dan dekat dengan jalur ke arah terminal atau jalan tol. Tempat itu menjadi perlintasan mobilitas penumpang, simpul pergantian moda transportasi, menggunakan jalan besar arteri atau sejenisnya, biasanya dimanfaatkan untuk angkutan bus, taksi, maupun angkutan kota, dan keberadaannya disuburkan oleh calon penumpang.


Sebenarnya terminal bayangan bisa dikurangi seandainya calon penumpang tidak memanfaatkannya. Mereka seharusnya tertib dengan menggunakan terminal, halte, dan tempat yang disediakan untuk naik dan turunnya penumpang.


Ada empat terminal resmi yang ada di seluruh Jakarta. Selain itu juga ada delapan terminal bantuan serta 10 pul bus angkutan kota antarprovinsi.


"Jumlah tempat untuk naik dan turunnya penumpang sudah cukup, hanya calon penumpang tidak ingin tertib saja. Mereka ingin mencari yang praktis naik dan turun di tempat terlarang,” kata Sunardi.





Editor : Laksono Hari Wiwoho


















Anda sedang membaca artikel tentang

Terminal Bayangan Biang Kemacetan

Dengan url

http://mobile-sulition.blogspot.com/2013/07/terminal-bayangan-biang-kemacetan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Terminal Bayangan Biang Kemacetan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Terminal Bayangan Biang Kemacetan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger