Nasir Pilih Polisi Jadi Penyidik KPK Ketimbang Independen

Written By Unknown on Monday, September 17, 2012 | 3:31 PM

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi III Nasir Djamil lebih memilih penyidik kepolisian dibandingkan independen untuk ditempatkan di KPK. Hal itu terkait wacana merekrut penyidik independen setelah Polri ingin menarik penyidiknya dari KPK.

"Lebih baik dari kepolisian kan sudah terbiasa dengan hal itu, dibanding dari independen," kata Nasir di Gedung DPR, Jakarta, Senin (17/9/2012).

Namun, Nasir mengatakan peluang untuk merekrut penyidik independen masih terbuka. Penyidik tersebut direkrut diluar unsur kepolisian ataupun kejaksaan yang selama ini dilakukan.

"Peluang itu ada, kan ada PPNS, kan penyidik sangat terbuka, yang engga bisa penuntut harus jaksa, nanti kita bicarakaan, kalau KPK memberikan ruang untuk penyidik diluar polri dan jaksa. seperti di KPK tidak ada SP3 padahal di KUHAP ada. Nah bisa saja berlawanan dengan KUHAP, sangat mungkin hadirnya penyidik Non-Polri," imbuhnya.

Nasir mengaku tidak akan mempermasalahkan bila Polri memperpanjang masa tugas penyidiknya di KPK. Namun bila tetap diberhentikan, KPK harus menghormati keputusan tersebut. "KPK eksis karena ada Polri dan Jaksa di KPK," ujarnya.

Menurut Nasir, saat ini KPK bisa meminta penyidik dari kejaksaan untuk menangani suatu kasus. Apalagi, kata Nasir, tugas Polri dan Jaksa hampir mirip.

"Iidak bisa juga KPK terkendala karena ditariknya penyidik, fungsikan saja jaksa yang di KPK untuk menghandle kasus, walaupun tidak secepat penyidik polri," katanya.

Nasir juga tidak sependapat bila penarikan penyidik itu sebagai upaya pelemahan wewenang KPK. Hanya saja perencanaan diantara lembaga itu masih dirasa kurang.

"Harusnya kan sudah dibicarakan sejak awal, saya tidak lihat ada pelemahan, dalam meanajemen tidak mungkin langsung ditarik, harusnya saling mendukung," imbuhnya.

Klik:

  • Pegawai BNI Serahkan Rp 1 Miliar ke Murdoko
  • Tim Eksaminasi Nilai Hakim Langgar Hukum Form...
  • Sidang Kasus Tajul Muluk Dinilai Sarat pelang...

17 Sep, 2012


-
Source: http://id.berita.yahoo.com/nasir-pilih-polisi-jadi-penyidik-kpk-ketimbang-independen-075648970.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Anda sedang membaca artikel tentang

Nasir Pilih Polisi Jadi Penyidik KPK Ketimbang Independen

Dengan url

http://mobile-sulition.blogspot.com/2012/09/nasir-pilih-polisi-jadi-penyidik-kpk.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Nasir Pilih Polisi Jadi Penyidik KPK Ketimbang Independen

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Nasir Pilih Polisi Jadi Penyidik KPK Ketimbang Independen

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger