Tjahjo: Pemerintah Harus Proaktif Bela TKI

Written By Unknown on Friday, September 14, 2012 | 6:06 PM

Semarang (ANTARA) - Anggota Komisi I (Bidang Pertahanan, Luar Negeri dan Informasi) DPR RI Tjahjo Kumolo mendesak pemerintah lebih proaktif dalam pembelaan warga negara Indonesia, termasuk TKI di Malaysia.

"Terkait dengan kasus penembakan TKI kita di Malaysia, Pemerintah harus lebih proaktif dalam pembelaan WNI di Malaysia karena frekuensinya semakin meningkat," kata Tjahjo melalui perangkat komunikasi kepada ANTARA di Semarang, Jumat.

Tjahjo yang juga Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan menegaskan, "Apa pun kewajiban negara/Pemerintah harus membela setiap warga negara di negara lain yang tertimpa kasus."

Pemerintah Indonesia, menurut dia, jangan terkendala solidaritas ASEAN. Apalagi hal ini menyangkut WNI, kehormatan dan harga diri Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Tjahjo juga meminta Kementerian Luar Negeri harus lebih aktif dan keras untuk membela TKI, termasuk tenaga kerja wanita (TKW), di luar negeri yang jumlahnya, baik legal maupun ilegal, sudah mencapai 6,5 juta orang.

Menurut Tjahjo, TKI yang diindikasi bermasalah pada pekerja informal dan sampai sekarang tercatat kurang lebih 39.000 kasus. Oleh karena itu, Pemerintah harus memprioritaskan hal tersebut.

"Seyogianya ditangani kasus per kasus, dan langkah-langkah penanganan pemerintah harus intens terkait dengan advokasi dan mengefektifkan penanganan TKI serta evaluasi terkait dengan moratorium harus serius," katanya menandaskan.

Percepatan pembuatan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) di negara-negara lain, kata Tjahjo, harus diprioritaskan serius.

Pemerintah RI, kata dia, harus memanfaatkan program pengampunan dan pemutihan tehadap TKI. Di samping itu, koordinasi Kemenlu dan peran intelijen harus terpadu agar nasib dan nyawa TKI tidak terus jadi korban di sejumlah negara.

"Apa pun keselamatan warga negara kita harus dijamin oleh Pemerintah," demikian anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Tjahjo Kumolo. (tp)

14 Sep, 2012


-
Source: http://id.berita.yahoo.com/tjahjo-pemerintah-harus-proaktif-bela-tki-104811247.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Anda sedang membaca artikel tentang

Tjahjo: Pemerintah Harus Proaktif Bela TKI

Dengan url

http://mobile-sulition.blogspot.com/2012/09/tjahjo-pemerintah-harus-proaktif-bela.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tjahjo: Pemerintah Harus Proaktif Bela TKI

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tjahjo: Pemerintah Harus Proaktif Bela TKI

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger